Sabtu 26 Oktober 2019, 21:05 WIB

Banyuwangi Dipuji karena Berani Gelar Ajang BMX Bergengsi Dunia

Usman Afandi | Olahraga
Banyuwangi Dipuji karena Berani Gelar Ajang BMX Bergengsi Dunia

ANTARA
Ajang BMX Bergengsi

FEDERASI Balap Sepeda Dunia (UCI) memuji gebrakan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang berani menggelar kejuaraan BMX internasional level hors class (tertinggi) yang belum tentu semua negara melakukannya.

"Dengan menggelar even hors class membuktikan sebuah peningkatan. Apalagi hanya satu negara perwakilan setiap benua yang bisa menjadi tuan rumah," kata perwakilan UCI, Amarjit Singh Gill, di Banyuwangi, Sabtu (26/10).

Banyuwangi bersama dengan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menggelar dua kejuaraan BMX dengan kategori berbeda yaitu C1 dan Hors Class di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi, 26-27 Oktober.

Dengan menggelar kejuaraan level tertinggi membuat pebalap kelas dunia berlomba-lomba menjadi yang terbaik karena poin pada dua kejuaraan ini adalah merupakan modal untuk mendapatkan tiket untuk berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang.  

Pembalap kelas dunia yang turun di antaranya adalah Caroline Buchanan dan Sarah Walker dari Australia, Renato Rezende dari Brasil, Jimmi Therkelsen dari Denmark, Domenica Azuero dari Ekuador, Mikus Davids yang merupakan juara Latvia, hingga pembalap timnas Inggris Quilland Isidore dan pembalap timnas Italia Giacomo Fantoni.


Baca juga: Lifter Muda Indonesia Ingin Beri Kejutan di SEA Games 2019


Untuk pembalap Indonesia, PB ISSI menurunkan pebalap yang dipersiapkan untuk menghadapi SEA Games 2019 Filipina yaitu I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar, dan Toni Syarifudin. Mereka turun di dua kategori yang dipertandingkan.  

Amarjit menambahkan keberanian Banyuwangi menggelar kejuaraan level tertinggi menunjukkan komitmen Pemkab Banyuwangi yang dipimpin Bupati Abdullah Azwar Anaz dalam meningkatkan prestasi balap sepeda Indonesia.  

"Bupati Banyuwangi sangat concern. Bukan hanya road (International Tour de Banyuwangi Ijen) tapi juga meningkatkan C1 ke hors class. Jelas ini membanggakan," kata pria asal Malaysia itu.    

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anaz mengaku balap sepeda termasuk kejuaraan BMX Hors Class merupakan satu dari 109 program unggulan di daerahnya. Olahraga saat ini dikombinasikan dengan pariwisatan untuk menarik wisatawan.  

Meningkatnya kategori BMX ini juga diapresiasi oleh Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari. Menurut dia, hal ini menunjukkan jika Indonesia merupakan salah satu negara yang perkembangan prestasi olahraga mengalami peningkatan. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More