Sabtu 26 Oktober 2019, 17:20 WIB

Cuaca Buruk, Kualifikasi MotoGP Australia Diundur

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Cuaca Buruk, Kualifikasi MotoGP Australia Diundur

AFP
Cuaca Buruk, Kualifikasi MotoGP Australia Diundur

CUACA yang buruk di Sirkuit Philip Island membuat sesi kualifikasi pertama (Q1) dan kedua (Q2) MotoGP Australia 2019 pada Sabtu (26/10) dibatalkan.

Dikutip dari akun Twitter resmi MotoGP, race direction memilih untuk membatalkan sesi kualifikasi karena kondisi cuaca yang buruk. Rencananya babak kualifikasi akan dilanjutkan Minggu (26/10) pagi.

"Kondisi akan kembali dinilai pada besok pagi dengan mencoba menggelar kualifikasi pertama dan kedua MotoGP," demikian pernyataan MotoGP.

Sebelumnya, bendera merah berkibar di sesi latihan bebas keempat atau free practice 4 (FP) yang masih menyisakan 12 menit 53 detik.

Para pembalap melewati balapan kali ini dengan kondisi cuaca agak mendung dan sesi latihan pun sempat ditunda akibat angin yang berembus sangat kencang dan gerimis di beberapa titik lintasan.

Akibatnya, pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira mengalami kecelakaan hebat di tikungan pertama.

Oliveira terjatuh lantaran dirinya kesulitan mengendalikan motornya akibat adanya tiupan angin barat dengan kecepatan 30 mil per jam yang melintasi sirkuit.

Sebelumnya saat balapan latihan bebas FP3, pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir terjatuh akibat low side dan mengakibatkan red flag dikibarkan.


Baca juga: Singkirkan Unggulan Utama Anthony Buka Peluang ke Final


Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, mendukung penuh keputusan untuk membatalkan kualifikasi hari ini. Padahal, Rossi sedang bersiap menuju rekor 400 balapan di Philip Island. Tak ada pembalap lain yang memiliki pengalaman grand prix lebih dari The Doctor.

Bahkan, legenda Italia ini terus berjuang untuk menyelesaikan balapan meskipun kondisi lintasan yang sangat buruk akibat cuaca.

Rossi pun teringat pernah dalam keadaan yang serupa saat masih menunggangi motor 250cc pada akhir 90-an.

"Saya teringat satu tes dengan motor 250cc di Philip Island dan memiliki angin sangat kencang sehingga pada akhirnya kami berhenti," ujarnya.

"Terkadang trek terlalu dingin, atau terlalu banyak hujan dan banyak air. Hari ini sebetulnya kering, tetapi angin sulit dikelola,” tambahnya.

Rossi mengakui angin yang melaju terlalu konstan membuatnya tak bisa mengontrol motornya sehingga menjadi lebih agresif dari biasanya.

"Jadi, kamu datang dengan kecepatan sangat tinggi dan kamu tidak tahu apa yang akan terjadi," tutur Rossi.

Setelah menetapkan waktu tercepat ketujuh dalam latihan bebas, Rossi akan langsung ke Kualifikasi 2.Rekan setimnya, Vinales menjadi yang tercepat di waktu latihan gabungan. (Crash.net/OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More