Sabtu 26 Oktober 2019, 22:40 WIB

11 Tanda Sakit Punggung Bagian Atas Serius

Anda Nurlaila | Humaniora
11 Tanda Sakit Punggung Bagian Atas Serius

Ilustrasi
Sakit Punggung

 

SAKIT  punggung yang menyebar hingga bahu dan lengan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketegangan dan nyeri pada punggung terus menerus bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan yang lebih serius. 
 
Mengutip The Healthy, ada beberapa cara mengetahui nyeri punggung bagian atas yang Anda alami wajar atau sebuah keadaan darurat.


Postur berpengaruh pada punggung 
Nyeri punggung atas paling sering disebabkan postur tubuh buruk seperti membungkuk terlalu lama. Dokter kedaruratan Irene Tien mengatakan "duduk dan menatap komputer terlalu lama dapat memperpendek otot dada dan menarik otot-otot di punggung atas. Akibatnya banyak orang mengalami kejang otot di antara tulang belikat mereka,” jelasnya.

Stres
Ketegangan pada otot di sekitar leher dan bahu atau di antara tulang belikat dapat bersifat multi-faktorial, kata Spesialis Manajemen Nyeri di Atlantic Spine Center di West Orange Kaliq Chang. Beberapa penyebab nyeri punggung yang utama adalah stres, olahraga berat, tidur dengan posisi leher yang tidak tepat. 
 
Penanganan
Ketegangan otot biasanya berlangsung beberapa hari. Buat diri tetap nyaman selama episode ini. Istirahat, minum es, minum obat antiinflamasi seperti ibuprofen atau naproxen. Beberapa pengobatan rumahan juga efektif menghilangkan nyeri punggung atas. 
 
Kapan harus ke dokter

Rasa sakit yang bertahan selama beberapa hari atau memerlukan obat penghilang nyeri secara rutin perlu dievalusi dokter. Asisten profesor bedah ortopedi dan obat-obatan fisik dan rehabilitasi di Rush University Medical Center di Chicago Leda Ghannad mengatakan jika rasa sakit membatasi kemampuan dalam aktivitas sehari-hari dan hanya dapat berbaring di tempat tidur, segera konsultasikan ke dokter. 
 
Rasa sakit tidak hilang
Perawatan rumahan, pijat dan bahkan mengganti kasur baru yang mendukung punggung sudah Anda lakukan, namun punggung bagian atas tetap nyeri terus menerus. Hal ini mungkin merupakan gejala tumor paru-paru meskipun sangat jarang terjadi. The American Cancer Society menunjukkan bahwa kanker paru-paru stadium lanjut dapat berkontribusi pada nyeri tulang. Penurunan berat badan, nyeri dada, dan kelemahan juga merupakan tanda-tanda kanker paru-paru.
 
Mengalami kecelakaan mobil
 Jika Anda mengalami kecelakaan mobil dan merasa baik-baik saja, Anda mungkin menolak memeriksakan diri. "Whiplash atau sentakan keras ke belakang dan ke depan di kepala dapat membuat  radang pada otot dan ligamen di leher dan punggung atas,” jelas Dr. Chang. Temui dokter jika Anda mencurigai mengalami whiplash, terutama jika ada gejala lain seperti kelelahan, pusing, dan rasa sakit di leher.
 
Sakit di sisi punggung 
Penderita ginjal menyebabkan sakit yang dapat terasa hingga ke punggung bagian atas. Mayo Clinic menyatakan Selain rasa sakit luar biasa di punggung dan nyeri hebat dapat dirasakan di bawah tulang rusuk Anda. Ketidaknyamanan saat kencing atau urin berwarna merah atau cokelat mungkin merupakan petunjuk lain. "Jika nyeri parah dan persisten, sebaiknya dievaluasi dokter," kata Ghannad.
 
Demam
Dalam beberapa kasus tertentu, sakit punggung parah disertai demam dan mati rasa atau kesemutan di lengan akibat infeksi tulang belakang. Tie mengungkap beberapa faktor risikonya  adalah jika Anda mengalami imunosupresi, menderita kanker, diabetes, atau obesitas. Jika dokter menduga ada infeksi tulang belakang, mereka mungkin menyarankan pemeriksaan sinar-X, CT, atau pemindaian MRI untuk membantu membuat diagnosis. Antibiotik atau obat antijamur dapat mengobati masalah ini.
 
Rasa sakit yang membakar 
Mati rasa atau kelemahan pada lengan Anda bisa menjadi salah satu tanda stroke atau robekan pada dinding aorta, pembuluh darah terbesar di tubuh yang mengalir di belakang dada Anda.  Tien menambahkan risiko ini terutama pada mereka dengan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dalam jangka waktu lama. "Ini dapat menyebabkan nyeri dada dan/ atau punggung yang sobek," jelasnya. Sama seperti stroke, ini adalah keadaan darurat yang membutuhkan perawatan medis segera.
 
Kelelahan ekstrem
Tanda-tanda serangan jantung kini lebih halus seperti mual, sesak napas, kelelahan ekstrem, dan nyeri punggung, kata Ghanad.


Kaki lemah
Sudah waktunya untuk memikirkan kemungkinan cakram yang terkilir atau hernia cakram jika Anda mengangkat sesuatu yang berat menggunakan punggung bukan kaki Anda. Jika sakit punggung bagian atas bersamaan dengan mati rasa atau kelemahan di lengan atau kaki, itu mungkin merupakan tanda cedera neurologis dari cakram yang tergelincir, kata Dr. Chang. Tanda-tanda nyeri punggung bagian atas juga bisa menjadi gejala artritis. Dokter dapat mendiagnosis dengan pemeriksaan fisik.   
 
Rasa sakit bergerak dari dada ke punggung
Salah satu penyebab potensial nyeri punggung adalah kondisi yang disebut costochondritis, peradangan tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dan tulang dada. Sementara mengangkat barang-barang berat, infeksi pernapasan, dan cedera dada dapat menyebabkannya, seringkali sumber rasa sakitnya tidak jelas. Anda mungkin merasakan sakit yang merambat dari dada ke punggung. Pastikan agar menjalani pemeriksaan dokter daripada mengabaikannya. 
 
Sakit saat menarik napas dalam
Jika merasa sakit saat bernapas dalam, lakukan pemeriksaan. Salah satu penyebab daruratnya adalah emboli paru. "Gumpalan darah dapat pecah dari vena dalam di kaki atau lengan dan menuju paru-paru, terjepit di pembuluh darah, menyebabkan aliran darah buruk, peradangan, dan kematian jaringan paru-paru," jelas Tien. Jika sakit punggung Anda semakin parah dengan bernapas dalam-dalam, Anda dapat kehabisan napas, batuk darah, atau merasa pingsan, segera dapatkan layanan kedaruratan medis. 
 
Kehabisan napas
Walau jarang, nyeri punggung bagian atas mungkin disebabkan oleh paru tertusuk akibat cedera. Chang menjelaskan tanda paru-paru tertusuk adalah rasa sakit yang disertai sesak atau sakit parah saat menarik napas dalam-dalam. Segera cari perawatan medis. 
 
Rasa sakit bertambah ketika bergerak
Cedera traumatis seperti tertimpa benda berat di punggung atau tergelincir di es dan jatuh pada punggung menabrak ujung anak tangga, dapat mematahkan tulang belakang atau tulang rusuk.  Tien mengatakan ini dapat membuat sakit punggung di sisi kiri atau kanan tergantung bagian yang patah. Rasa sakitnya bisa sedang hingga berat, tetapi bertambah buruk ketika Anda bergerak. Bicaralah dengan dokter Anda, terutama setelah cedera parah.  (Medcom/OL-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More