Minggu 27 Oktober 2019, 02:00 WIB

Mulai tanpa Sedotan

MI | Weekend
Mulai tanpa Sedotan

MI/Adam Dwi
Repcil mendengarkan dan mencatat informasi saat berkunjung ke dapur McDonald’s.

SOBAT Medi pasti bingung ketika memesan minuman di McDonald’s tidak dikasih sedotan? Tidak lagi diberikan sedotan merupakan program yang sedang digalakkan retail makanan di seluruh Indonesia lo. Ya, tujuannya tak lain meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sampah, sekaligus mengurangi limbah plastik di lingkungan.

Gerakan #Mulaitanpasedotan ini telah dimulai McDonald’s sejak 12 November 2018, bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. “Memang belum seluruhnya, misalnya, minuman yang memang ada es krim atau jeli, belum bisa lepas dari sedotan. Namun, selama ini sudah berhasil mengurangi hingga 80% penggunaan sedotan,” kata Kak Zata Bening Awanis, Communications McDonald’s Indonesia.

Kak Bening pun berpendapat, sampah atau limbah plastik tentu berbahaya karena sulit terurai, mengancam ekosistem laut dan perairan. Tak hanya itu, bahaya limbah plastik ini ujungnya pun bisa mengancam kesehatan kita lewat kandungan mikroplastik.

Bukan hanya sedotan, McDonald’s pun telah mengurangi penggunaan plastik tutup minuman (lid). Bahkan, McDonald’s berencana mengeluarkan inisiasi baru untuk memproduksi perlengkapan terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, dapat didaur ulang, atau bersertifikasi pada 2025. (Wan/M-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More