Sabtu 26 Oktober 2019, 02:00 WIB

LIPI Gelar Malam Anugerah para Inventor Muda Dunia

MI | Humaniora
LIPI Gelar Malam Anugerah para Inventor Muda Dunia

wikipedia
LIPI Gelar Malam Anugerah para Inventor Muda Dunia

 

INDONESIA dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi ilmiah remaja internasional yang mendorong inovasi dan penemuan (International Exhibition for Young Inventor/IEYI) yang ke-15 kalinya tahun ini.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko menyampaikan pada penyelenggaraan kali ini IEYI diikuti 150 proyek penelitian dari 11 partisipan internasional yakni Indonesia, Jepang, Makau, Malaysia, Filipina, Rusia, Singapura Taiwan, Thailand, Tiongkok, dan Vietnam.

"Kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan cara berpikir kritis, menggali inspirasi, dan, memperluas kesempatan bagi semua pihak dalam hal ilmu pengetahuan, dan teknologi, " kata Handoko, tadi malam.

Selaras dengan tema IEYI tahun ini yaitu Youth for Better Future, inovasi-inovasi yang ditampilkan di IEYI diharapkan dapat mengubah kualitas kehidupan menjadi lebih baik. "Oleh karena itu pihak-pihak pendukung yakni guru, orangtua, dan lingkungan sosial memiliki peran penting untuk terus memupuk kreativitas dan menumbuhkan imajinasi," ucapnya.

Hasil inovasi para inventor muda dunia kali ini terbagi dalam enam kategori. Kategori tersebut ialah Technologies for Special Needs, Safety and Health, Green Technologies, Disaster Management, Education and Recreation, Foods and Agriculture, dan Art Technology. Pada 2020 mendatang dijadwalkan penyelenggaraan IEYI akan digelar di Kazan, Rusia. (Rif/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More