Jumat 25 Oktober 2019, 19:00 WIB

Langganan Raih Medali, Panahan Bidik Juara Umum SEA Games 2019

Despian Nurhidayat | Olahraga
Langganan Raih Medali, Panahan Bidik Juara Umum SEA Games 2019

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kanan) memberi arahan kepada atlet Timnas Panahan saat mengunjungi pemusatan latihan panahan

PENGURUS Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) tengah serius untuk menargetkan juara umum di ajang SEA Games 2019. Cabang olahraga yang satu ini memang kerap menjadi langganan penyumbang medali emas untuk Indonesia.

Seperti pada 2017, cabor panahan sukses membawakan empat medali emas untuk Indonesia. Begitu pun dua tahun sebelumnya, yakni 2015, di mana mereka berhasil mendulang dua emas.

Berkaca dari hal tersebut, PP Perpani pun berharap dapat mendulang prestasi yang sama bahkan melebihi raihan prestasi sebelumnya.

"Kami memang sejak April lalu sudah kita adakan pelatnas (pemusatan latihan nasional), untuk itu apresiasi saya kepada Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) yang telah mengunjungi kami. Semoga kami bisa berikan yang terbaik pada saat SEA Games 2019 Filipina," ungkap Ketua Umum PP Perpani, Kelik Wirawan, saat mendapatkan kunjungan dari Menpora baru, Zainudin Amali, di Lapangan Panahan GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (25/10).

Saat ini, Kelik mengatakan bahwa permasalahan alat atau busur dan panah untuk salah satu atlet masih menjadi pekerjaan rumah yang masih belum terselesaikan. Pasalnya, untuk memesan peralatan tersebut harus dipesan terlebih dahulu, juga mesti ada pengukuran terlebih dahulu sesuai dengan ukuran tubuh masing-masing atlet.


Baca juga: Kapten Tim Sofbol Putri Indonesia Optimistis Bawa Pulang Emas


"Peralatan kita masing-masing sudah ada, hanya saja ada salah satu atlet yang busurnya patah. Satu atlet kita juga hanya punya 1 busur sehingga ini masih dalam diskusi pengurus dan tim manajer bahwa kita butuh alat baru untuk SEA Games," lanjut Kelik.

"Kemarin sudah kita bicarakan, tapi memang untuk memesan alat sesuai badan atlet itu khusus. Itu tidak mudah, sampai dengan saat ini tim manajer sudah memesan dan sedang menunggu dari penyedia ya. Apapun itu, nanti kita akan coba penuhi kekurangannya," tambahnya.

Sementara itu, Manajer Tim Panahan, Tofan Tri Anggoro, mengatakan bahwa saat ini tim asuhnya memang sudah siap dan memfokuskan diri untuk melakukan latihan di Jakarta. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa target juara umum akan menjadi target yang diusahakan olehnya.

"Kita menurukan 16 atlet itu ada 8 dari compound dan 8 dari recurve. Nanti akan diperebutkan 10 medali emas dan saya optimis kita bisa raih juara umum di sana. Meskipun lawan terberat Malaysia dan Thailand, tapi melihat dari kesiapan kita bisa membawa 5 medali emas, semoga lebih," pungkasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More