Jumat 25 Oktober 2019, 17:54 WIB

Bea Cukai Sulawesi Utara Optimalkan Ekspor Langsung dari Bitung

mediaindonesia.com | Ekonomi
Bea Cukai Sulawesi Utara Optimalkan Ekspor Langsung dari Bitung

Istimewa/Bea Cukai
Focus Group Discussion (FGD) bertema ‘Optimalisasi Ekspor Langsung dari Pelabuhan Bitung’ di Gedung Keuangan Negara, Manado, Sulut.

 

DALAM rangka mendorong kegiatan ekspor di wilayah timur Indonesia, Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bertema ‘Optimalisasi Ekspor Langsung dari Pelabuhan Bitung’ di Gedung Keuangan Negara, Manado, Sulut, Rabu (23/10). 

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, Cerah Bangun. Cerah menjelaskan bahwa Pelabuhan Bitung merupakan salah satu dari dua Hub Internasional yang ada di Indonesia, bersama dengan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Cerah berharap Bitung bukan hanya tempat ekspor barang-barang dari Sulawesi Utara saja, melainkan dapat menampung ekspor dari wilayah timur Indonesia. Semuanya akan diarahkan untuk bergeser ke Pelabuhan Bitung, bukan lagi ke Tanjung Priok ataupun Tanjung Perak.

“Untuk para pengusaha yang mengalami kendala, langsung sampaikan saja kepada instansi pemerintah agar dapat dicarikan solusi bersama.” ungkap Cerah.

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey.

“Karena sangat dekat dengan perekonomian Asia, Pelabuhan Bitung harus dioptimalkan, sehingga para pengusaha dan seluruh masyarakat Sulawesi Utara dapat memanfaatkan hal tersebut. Hal ini tentu saja dapat tercipta apabila semua pihak baik dari pengusaha maupun instansi terkait, turut mengambil peran untuk mewujudkannya.” ungkap Olly.

FGD menyimpulkan ekspor langsung dari Pelabuhan Bitung menjadi sangat penting karena berkaitan dengan pengurangan waktu dan biaya logistik. "Diperlukan kebijakan khusus untuk menghapus kendala-kendala perdagangan internasional, khususnya untuk produk asli dari wilayah Sulawesi Utara," kata Cerah.

Acara ditutup dengan penandatanganan piagam deklarasi bersama dukungan optimalisasi ekspor langsung dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung, yang dilakukan Gubernur Sulut, Kepala Kantor Bea Cukai Sulbagtara serta seluruh pimpinan instansi yang hadir. (OL-09)

Baca Juga

Ist/Kementan

Serahkan 100 Ribu Bibit Pala, Mentan SYL: Kita Kuasai Pasar Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 18:34 WIB
Salah satu teknologi perkebunan yang telah dihasilkan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balitri) adalah pala varietas...
MI/Andri Widiyanto

Kadin Optimistis Normal Baru Bakal Tingkatkan Kegiatan Ekonomi

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 17:30 WIB
Dalam beberapa pekan pertama new normal, peningkatan ekonomi diprediksi akan pulih secara...
ANTARA

Bali Segera Terapkan New Normal, Penerbangan Lakukan Persiapan

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 17:15 WIB
Bagi penumpang yang hendak masuk ke Bali melalui Bandara International I Gusti Ngurah Rai Bali hendaknya harus mempersiapkan diri dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya