Jumat 25 Oktober 2019, 13:42 WIB

Mahfud Minta Masjid di Kantor Pemerintah Jadi Agen Persatuan

Faisal Abdalla | Politik dan Hukum
Mahfud Minta Masjid di Kantor Pemerintah Jadi Agen Persatuan

MI/RAMDANI
Menko Polhukam Mahfud MD (tengah)

 

MENTERI Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengingatkan agar masjid-masjid di lingkungan kantor pemerintahan tidak dijadikan tempat menyebar permusuhan. Masjid, khususnya di kantor pemerintah, justru harus jadi agen persatuan.

"Masjid-masjid harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan bibit permusuhan hanya karena perbedaan pandangan perbedaan paham dalam kehidupan beragama," kata Mahfud di Kantor Kemenkpolhukam, Jakarta, Jumat (25/10).

Mahfud mengatakan umat Islam seharusnya berbangga karena sekarang hampir semua gedung-gedung pemerintah memiliki masjid sendiri. Hal itu jarang ditemukan di era 1980-an.

Mahfud juga tidak melarang kantor pemerintahan memiliki rumah ibadah agama lain. Namun yang penting, rumah ibadah jangan dijadikan tempat menyebar kebencian dan permusuhan.

Baca juga: Prabowo Sambut Penunjukan Trenggono Jadi Wamenhan

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menegaskan di negara Pancasila, kebebasan beragama dijamin negara. Tidak boleh ada pihak mana pun yang menghalang-halangi warga untuk menjalankan agana yang dianutnya.

"Masjid dan pengajian dan kantor-kantor pemerintah itu untuk membangun persaudaraan dan kesejukan. Tidak boleh mengadu domba, tidak boleh menganggap orang lain yang berbeda adalah musuh, adalah kafir dan sebagainya," ujar Mahfud.

Presiden Joko Widodo menunjuk Mahfud MD sebagai Menkopohukam. Mahfud mengisi posisi yang ditinggalkan Menkopolhukam sebelumnya, Wiranto. (OL_2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More