Jumat 25 Oktober 2019, 09:36 WIB

Mandiri Syariah Perkuat Bisnis Ritel

Insi Jelita | Ekonomi
Mandiri Syariah Perkuat Bisnis Ritel

DOK. BSM
Corporate Secretary Mandiri Syariah Ahmad Reza (kiri) meninjau toko oleh-oleh Ummi Aufa Hakim di Bukittinggi, Sumatra Barat

 

PT Bank Syariah Mandiri (Man­­diri Syariah) semakin fokus untuk memperkuat bisnis ritel di Sumatra. Hasilnya, dalam sembilan bulan pertama 2019, kinerja Bank Mandiri Syariah Region 2 yang meliputi Padang, Palembang, Jambi, dan Lampung tumbuh positif.

“Dari sisi pencapaian, hingga September 2019 produk pembiayaan konsumer Mandiri Syariah Region 2 tumbuh cukup baik, yaitu sebesar 20,04% dari Desember 2018 menjadi Rp3,88 triliun per ­September 2019,” kata Regional CEO Mandiri Sya­riah Dedy Suryadi Dharma­wan di Padang, Sumatra Barat, kemarin.

Lebih lanjut Dedy memapar­kan layanan Mandiri Syariah juga dilengkapi berbagai saluran elektronik untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam bertransaksi, berbagi dan beribadah.

Contohnya melalui aplikasi Mobile Banking Mandiri Syariah, konsumen telah bisa me­lakukan pembayaran SPP, memperoleh penunjuk arah kiblat, informasi waktu salat, dan lokasi tempat ibadah terdekat.

Mandiri Syariah, kata Dedy, juga menyediakan produk dan layanan seperti tabungan haji atau umrah, cicilan dan gadai emas. Kemudian ada juga berbagai jenis pembiayaan seperti kepemilikan rumah atau Griya Berkah, kendaraan bermotor atau Kendaraan Berkah, pembiayaan pensiunan, dan pembiayaan nasabah payroll.

Adapun total aset Mandiri Syariah Region 2 per September 2019 sekitar Rp6,9 triliun, tumbuh 17,04% dari periode tahun sebelumnya.

Sementara itu, Corporate Sec­retary Mandiri Syariah Ahmad Reza mengungkapkan kinerja Mandiri Syariah terus meningkat.

“Salah satu indikatornya ialah pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) di kisaran di 10%-12% yoy dan pertumbuhan pembiayaan di kisaran angka 12%-14% yoy,” tandasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya berkomitmen mendukung UMKM.“Mandiri Syariah ber­komitmen mendukung UMKM, termasuk mereka yang berge­rak dalam usaha kuliner. Ini juga bisa membantu peningkatan pariwisata daerah,” tan­­­­dasnya.

Salah satu UMKM yang mendapat dukungan Mandiri Syariah ialah toko Ummi Aufa Hakim yang menjual makanan oleh-oleh khas Bukittinggi, ke­ripik sanjai.

Pemilik toko, Lukman El Hakim, 43, mengatakan dia me­rupakan nasabah prioritas Mandiri Syariah. Dengan dukungan Mandiri Syariah, Lukman mengatakan kini dia mampu meraih omzet Rp300 juta per bulan. (Ins/E-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More