Jumat 25 Oktober 2019, 07:40 WIB

Fosil Kereta Kuda Era Romawi Ditemukan

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Fosil Kereta Kuda Era Romawi Ditemukan

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

PARA arkeolog di Kroasia telah menggali sisa-sisa fosil sebuah kereta Romawi yang terkubur bersama dua kuda di sebuah ruang permakaman besar untuk keluarga yang sangat kaya.

Arkeolog dari City Museum ­Vinkovci dan Institute of Archaeology dari ­Zagreb itu menemukan kereta Romawi dengan dua roda (dikenal dalam bahasa Latin sebagai cisium) dan kuda di situs Jankovacka Dubrava, dekat dengan Desa Stari Jan­kovci, Kota Vinkovci, di timur Kroasia.

Penemuan ini diyakini sebagai contoh bahwa orang-orang dengan kekayaan ekstrem dulu terkadang dikubur bersama kuda mereka.

Kurator Boris Kratofil menjelaskan kepada media setempat bahwa kebiasaan penguburan di bawah tumuli (gundukan permakaman kuno) ialah ritual penguburan yang luar biasa selama periode Romawi di selatan Cekungan Pannoinan.

Direktur Institute of Archaeology, Marko Dizdar, mengatakan itu merupakan penemuan sensasional yang unik di Kroasia. (Daily Mail/Hym/X-10)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Iuran BPJS tengah Dikaji

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 25 November 2020, 03:30 WIB
Penambahan variabel dan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dinilai akan berpengaruh terhadap besaran iuran BPJS...
ANTARA

Wisata Berbasis Ekosistem Gambut

👤SS/H-1 🕔Rabu 25 November 2020, 03:20 WIB
Pengelolaan lahan gambut juga harus diselaraskan dengan pemulihan ekosistem gambut itu...
MI/Yoseph Pencawan

Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

👤PS/YP/H-3 🕔Rabu 25 November 2020, 03:10 WIB
Muryanto memaparkan ada enam program bertajuk Transformasi Universitas Sumatera Utara Merespons Disrupsi dan Hiperkompetisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya