Kamis 24 Oktober 2019, 18:14 WIB

Komposisi Wamen Selesai, Isinya Kader Parpol dan Profesional

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Komposisi Wamen Selesai, Isinya Kader Parpol dan Profesional

MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menyebut posisi wakil menteri (Wamen) akan diisi oleh kader partai politik dan profesional. Setelah dikalkulasi, presiden secepatnya akan melantiknya.

“Sebetulnya sudah selesai. Wamen sudah selesai. Ada yang dari partai, ada dari profesional,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).

Namun, Jokowi belum bisa menyebut jumlah wamen yang akan dilantik dan posisi kementerian mana yang akan diisi. “Nanti finalisasinya, kira-kira malam ini,” kata Jokowi.

Jokowi menekankan, hal yang paling penting menurutnya posisu wamen bisa membantu kinerja menterinya, bukan hanya soal bagi-bagi jabatan.

Baca juga : PPP Minta Jokowi Tunjuk Wamenag

Ia memberi contoh di Kementerian Badan Usaha Milik Negata, diusulkan tiga wamen. Jika memang diperlukan, itu akan direalisasikan.

“Kita tahu BUMN 140-an perusahaan, kalau kelola perusahannya sebanyak itu, perlu pengawasan, dikontrol, perlu cek, kalau memang diperlukan itu, wamen betul-betul berfungsi bantu menteri,” tegasnya.

“Yang paling penting sekali lagi, setiap wamen harus memiliki kompetensi yang mendukung kerja para menteri,” tambah Jokowi. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More