Kamis 24 Oktober 2019, 17:08 WIB

DPR Segera Gelar Fit and Proper Test Komjen Idham

Putra Ananda | Politik dan Hukum
DPR Segera Gelar Fit and Proper Test Komjen Idham

Dok. MI
Puan Maharani

 

KETUA DPR RI Puan Maharani meminta Komisi III DPR RI segera menindaklanjuti surat presiden tentang pencalonan Komjen Idham Aziz sebagai Kapolri menggantikan Jendral Tito Karnavian.

“Segera lakukan proses fit and proper tes,” jelas Puan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (24/10).

Puan menyatakan penegasan itu menanggapi surat Presiden Jokowi tertanggal 20 oktober yang meminta persetujuan DPR terhadap rencana pengangkatan Komjen Idham Aziz sebagai Kapolri. Dalam surat itu disebut, Komjen Idham Aziz yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri dipandang mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kapolri. Idham diusulkan menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang saat ini sudah menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Menurut Puan, persetujuan DPR itu untuk memenuhi ketentuan Pasal 11 ayat (1) UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Meski hanya ada satu calon Kapolri yang diajukan Presiden, fit and proper tes tetap akan dilaksanakan untuk mengetahui visi calon Kapolri,” ujar Puan.


Pada kesempatan yang berbeda, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin mengatakan, Komjen Idham Aziz cukup mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk memimpin Polri.

"(Komjen Idham Aziz) Beliau kompeten dalam mengemban jabatan tersebut," kata Azis. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More