Kamis 24 Oktober 2019, 12:30 WIB

PPP Minta Jokowi Segera Tunjuk Wakil Menag

Arga Sumantri | Politik dan Hukum
PPP Minta Jokowi Segera Tunjuk Wakil Menag

MI/Ramdani
Menteri Agama Fachrul Razi

 

WAKIL Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Baidowi (Awiek) meminta Presiden Joko Widodo segera menunjuk Wakil Menteri Agama. Ia menilai Menag Fachrul Razi membutuhkan pendamping.

"Fraksi PPP mengusulkan kepada Pak Jokowi untuk segera melengkapi, mensupport Pak Fachrul Razi dengan menunjuk dan mengangkat wakil menteri agama," kata Awiek di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (24/10).

Awiek mengatakan Fachrul Razi merupakan menteri yang berlatar belakang militer. Fachrul memang tercatat pernah berkecimpung dalam organisasi massa islam Mathla'ul Anwar.

"Salah satu ormas islam juga dan berkecimpung di bidang keagamaan, pondok pesantren, hampir tidak terlihat," ujarnya

Ia menyarankan Wakil Menag memiliki kualifikasi penuh di bidang keagamaan. Dengan begitu, kata dia, terjadi kolaborasi dalam tubuh Kementerian Agama.

Baca juga: Presiden Perintahkan Tito Tertibkan Aturan yang Tumpang Tindih

"Menterinya dari unsur militer dalam hal ini jaringan, disiplin, ketegasan ada di Pak Fachrul Razi, nanti bidang keagamaannya bisa diperkuat wakil menteri," ujarnya.

Menurut dia, penunjukkan wakil menteri bukan hal yang aneh. Toh, kata dia, posisi serupa pernah terjadi di periode sebelumnya.

"Dan itu kembali pada hak prerogatif Pak Presiden," ujarnya.

Awiek mengaku tidak mempermasalahkan penunjukkan Fachrul Razi sebagai Menag.

Kendati, ia menilai keputusan tersebut memang di luar kebiasaan. Beberapa periode pemerintahan, Menag biasanya diisi dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

"Ada juga menteri yang bukan dari NU. Namun, berdasarkan kecenderungan belakangan ini, memang pos menteri agama itu selalu ditempati dari unsur NU," ungkapnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More