Kamis 24 Oktober 2019, 11:58 WIB

Presiden Perintahkan Tito Tertibkan Aturan yang Tumpang Tindih

Damar Iradat | Politik dan Hukum
Presiden Perintahkan Tito Tertibkan Aturan yang Tumpang Tindih

ANTARA/M Risyal Hidayat
Mendagri Tito Karnavian

 

MENTERI Dalam Negeri Tito Karnavian langsung mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo. Tito diinstruksikan untuk menertibkan peraturan daerah maupun peraturan kepala daerah yang saling tumpang tindih.

Jokowi mengatakan, Indonesia, saat ini, memiliki terlalu banyak regulasi. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi memang kerap meminta para menteri dan kepala daerah memangkas aturan dan regulasi yang menghambat investasi maupun pelayanan kepada masyarakat.

"Mendagri tolong digarisbawahi, Perda, Pergub, Perbup, yang masih banyak sekali tumpang tindih dengan peraturan-peraturan di atasnya," ujar Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna perdana di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Ada Dua Fokus Tito sebagai Mendagri

Jokowi pun meminta seluruh menterinya untuk segera mengumpulkan aturan dan regulasi-regulasi yang menghambat itu. Nantinya, ia akan menggelar rapat dalam waktu dua pekan ke depan.

Kemudian, di sisi lain, Jokowi mengingatkan, tujuan utama pemerintah dalam lima tahun ke depan adalah penciptaan lapangan pekerjaan. Sebab, menurut mantan Wali Kota Solo itu, lapangan pekerjaan sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia.

"Jangan sampai ada kementerian-kementerian, provinsi, kabupaten kota, yang tidak mengerti masalah ini. Jadi setiap hal yang berkaitan dengan cipta lapangan kerja berikan ruang sebaik-baiknya. Berikan pelayanan yang sebaik-baiknya," tegas dia. (OL-2)

Baca Juga

Dok.MI

Kejagung Tindak Lanjuti Investigasi TGPF Intan Jaya

👤Tri subarkah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 17:19 WIB
Apabila hasil investigasi TGPF Intan Jaya menyangkut tindak pidana umum, maka kejaksaan akan mendukung pihak kepolisian untuk...
MI/MOHAMAD IRFAN

LPSK Siap Lindungi Saksi Kasus Tewasnya Pendeta Yeremia

👤Sri Utami 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 15:03 WIB
Saat ini permohonan yang diajukan Badan Pengurus Pusat Gereja Kemah Injil Indonesia untuk keluarga dan saksi terkait penembakan pendeta...
MI/Adam Dwi

Mantan Sekretaris MA Nurhadi tidak Ajukan Eksepsi

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 14:35 WIB
Nurhadi disidang bersama terdakwa lain, yakni Rezky Herbiyono yang juga merupakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya