Kamis 24 Oktober 2019, 06:50 WIB

Idham Azis Calon Tunggal Kapolri Gantikan Tito

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Idham Azis Calon Tunggal Kapolri Gantikan Tito

MI/RAMDANI
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Idham Azis.

 

KEPALA Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Idham Azis mengaku sedang mempersiapkan diri untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan menjadi Kapolri di DPR. Presiden Joko Widodo telah mengajukan namanya sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang telah dilantik menjadi menteri dalam negeri.

''Saya mohon doa restu karena mungkin pekan depan akan dilakukan fit and proper test. Saya saat ini sedang mempersiapkan diri,'' ujarnya di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, saat mengikuti acara serah terima jabatan Mendagri, kemarin.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menegaskan kesiapannya bila nanti diamanahi jabatan sebagai Kapolri. Ia pun meminta restu kepada masyarakat agar dapat menjalankan tugas baru dengan optimal.

"Ya, saya tentunya siap menjalankan amanah ini. Bismillahi tawakaltu, saya mohon doa restu," ujar Idham.

Presiden Joko Widodo secara resmi mengajukan Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri dan telah mengirim surat ke DPR. "Pengganti Kapolri sudah kami ajukan juga ke DPR. Pak Idham Azis, Kabareskrim, satu saja," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco menyebut pihaknya sudah menerima surat masuk mengenai Idham Azis yang dicalonkan sebagai Kapolri. "Sudah masuk dan tinggal tunggu fit and proper test," kata Sufmi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pengajuan Idham sebagai calon tunggal Kapolri merupakan hak prerogatif presiden sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dia menegaskan seluruh jajaran Polri solid mendukung apa pun keputusan Presiden Joko Widodo. ''Tentunya kami selalu mendukung apa yang sudah menjadi keputusan Presiden.''   

Untuk saat ini Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas Kapolri hingga dilantiknya Kapolri baru.   

Idham merupakan lulusan Akpol 1988, sedangkan Tito lulusan 1987. Dia memiliki pengalaman bidang reserse cukup panjang, termasuk penangkapan buron terorisme Dr Azahari di Batu, Jawa Timur. (Mal/Sru/Tri/Fer/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More