Rabu 23 Oktober 2019, 15:42 WIB

Mahfud MD Langsung Tancap Gas

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
Mahfud MD Langsung Tancap Gas

MI/Abdillah Muhammad Marzuqi
Wiranto melakukan Sertijab pada Menko Polhukam baru Mahfud MD di Kemenko Polhukam Jakarta (23/10)

 

USAI dilantik, Mahfud MD langsung melakukan serah terima jabatan Menko Polhukam dengan Wiranto di Kantor Kemko Polhukam Jakarta (23/10). Dalam sambutannya, Mahfud MD menyatakan akan segera mulai bekerja.

"Sesuai dengan pesan pak Jokowi pokoknya begitu dilantik langsung kerja," ujar Mahfud dalam sambutan.

Sebelum prosesi serah terima, Mahfud MD berbincang dengan Wiranto terkait dengan pokok tugas Menko Polhukam. Mahfud juga telah mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo terkait tugas yang harus dilaksanakan.

"Ada radikalisasi, hak asasi, penegakan hukum, dan sebagainya. Masalah pelanggaran HAM yang selalu jadi masalah," terus Mahfud.

Mahfud juga menyatakan akan melanjutkan pencapaian Kemenko Polhukam era Wiranto.

"Sekarang sudah sampai pada tahap-tahap tertentu yang tentu akan saya lanjutkan untuk itu," lanjutnya.

Besok, Mahfud akan mulai pertemuan dengan pejabat di lingkungan Kemenko Polhukam untuk menyamakan dan mencocokkan persepsi. Malam ini, ia menyatakan akan membaca buku memori terkait tugas Kemenko Polhukam. 

Ia menargetkan penyesuaian antara dia dan pejabat terkait akan berlangsung cepat dan harus selesai minggu ini.

"Saya akan mulai secepatnya. Besok akan ketemu dengan pejabat-pejabat utama dulu untuk mendengar apa yang mereka pikirkan tentang tugas mereka. Sementara saya nanti malam akan baca ini semua (buku memori). Lalu kita saling cocokkan, mau ke mana kita, melihat pandangan, persepsi, keinginan serta potensi yang Bapak miliki untuk melakukan sesuai dengan tugas yang tertulis di sini dengan apa yang saya kemudian pikirkan setelah mendengar dan membaca itu," tegas Mahfud.

Baca juga: Wiranto Senang Digantikan Mahfud MD

Wiranto menjabat sebagai Kemenko Polhukam selama 3 tahun 3 bulan. Selama periode tersebut, ia bersama jajaran telah banyak menghadapi banyak peristiwa besar, seperti demo 212 dan kerusuhan di Papua.

Sebelumnya, Wiranto juga menyatakan telah berbincang dengan Mahfud MD terkait tugas di Kemenko Polhukam yang bertugas mengkoordinasikan 10 kementerian dan lima lembaga.

"Tadi saya sudah menyampaikan banyak hal pada beliau apa apa yang harus dilakukan. Belum semua saya sampaikan, dalam waktu 1 jam sampaikan malah jad pusing, tapi sudah ada dalam buku yang kita susun dengan baik," ujar Wiranto dalam sambutannya.

Wiranto juga menyampaikan pesan pada jajaran Kemenko Polhukam untuk membantu Mahfud MD menjalankan tugas barunya.

"Khusus untuk saudara-saudara sekalian dari Kemenkopolhukam. Saya sampaikan bahwa Pak Mahfud MD itu bukan orang lain, saudara kita. Sudah punya banyak pengalaman. Maka apa yang telah saudara sampaikan ke saya, bantu ke saya, kerja sama, keikhlasan, kesungguhan, saya harapkan diteruskan pada Mahfud untuk meringankan kerja beliau yang cukup rumit," ujar Wiranto.

Wiranto yakin, kepemimpinan Mahfud MD di Kemenko Polhukam akan bisa mewujudkan harapan Presiden Joko Widodo.

"Saya yakin percaya bahwa di bawah kepemimpinan beliau, maka harapan Pak Jokowi 5 tahun ke depan pemerintah akan lebih stabil, lebih baik, lebih maju. Saya kira bisa terwujud," sambungnya. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More