Rabu 23 Oktober 2019, 13:21 WIB

Pembalap BMX Telah Padati Sirkuit Muncar

Usman Afandi | Olahraga
Pembalap BMX Telah Padati Sirkuit Muncar

Antara
Sejumlah atlet sepeda BMX putri memacu sepedanya di ajang BMX Banyuwangi.

JELANG laga Internasional BMX yang digelar Pemkab Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Sabtu, 26-27 Oktober 2019 mendatang, puluhan pembalap dari berbagai penjuru kota sudah memadati arena sirkuit Muncar, Selasa (22/10). Salah satu pelatih tim Cannabiz asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Lombok, Ebed, 39 mengungkapkan ia sengaja berangkat bersama atletnya lebih awal untuk menjajaki arena BMX,

"Kami datang sejak 18 Oktober. Ini memang upaya kami, agar tahun ini kami bisa juara," ujar Ebet kepada Media Indonesia di sela-sela latihan bersama atletnya, Selasa (22/10).

Para atlet yang diikutsertakan itu kata Ebed, masih baru sehingga banyak upaya dilakukan agar para atlet bisa siap secara fisik maupun mental.

"Ada tiga atlet yang kami bawa dari Lombok. Mereka akan menjalani latihan sampai dengan hari ke-2 sebelum pelaksanaan BMX. Dua hari beristirahat saya rasa sudah cukup untuk mereka, "katanya.

Sementara itu sang atlet, Exel Selbi Qianu Ilham sangat yakin dan optimistis bisa meraih juara. Sebab dengan latihan rutin setiap sore, trek-treknya akan terbiasa, sehingga peluang untuk menang semakin banyak.

"Saya ikut Challenge, saya optimistis saya pasti menang. Saya dulu juga pernah ikut di Lombok. Ini pertama kalinya saya iku di Banyuwangi," ucap Exel, pembalap berusia 13 tahun asal Mataram itu.

Hal senada juga dikatakan Riko atlet dari tim BMX Akademi Banyuwangi yang masuk sebagai peserta internasional BMX. Ia juga yakin dan optimistis dengan latihan rutin setiap hari akan mudah baginya bisa menjadi juara.

Internasional BMX merupakan olahraga rutin setiap tahunnya digelar Pemkab Banyuwangi. Pada tahun ini ada sekitar 242 peserta baik dari dalam maupun luar negeri akan mengikuti ajang olahraga internasional tersebut.

Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi (Dispora), Alvin menjelaskan pendaftaran internasional BMX sudah dibuka sejak 26 Agustus 2019-15 Oktober 2019. Dengan kategori lomba, yaitu Challenge dan Championship dengan panjang track 360 meter.

"Tahun 2018 lalu cuma satu kategori, tahun ini ada dua kategori yakni Challenge dan Championship," kata Alvin waktu ditemui Media Indonesia di kantornya, beberapa waktu lalu.

baca juga: Shaq Dukung GM Rockets dalam Kisruh dengan Tiongkok

Untuk kategori Champion Elite terdiri dari Elite Man usia 19 tahun ke atas, Elite Women 19 tahun ke atas, Junior Men (17-18 tahun), dan Junior Girl (17-18 tahun). Sedangkan kategori Challenge, Challenge Boy usia (5-6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16 tahun), Challenge Girls (5-7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16 tahun), dan Challenge Mens (17-29 tahun). (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More