Selasa 22 Oktober 2019, 22:10 WIB

Peringati Hari Santri, Ponpes Ummul Quro Komitmen Jaga NKRI

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Peringati Hari Santri, Ponpes Ummul Quro Komitmen Jaga NKRI

Istimewa
pelatihan jurnalistik di Pondok Pesantren Ummul Quro

 

LAGU Mars Hari Santri Nasional (HSN) menggema penuh semangat saat dinyanyikan para santri di aula Pondok Pesantren (Ponpes) Ummul Quro , Pondok Cabe, Tangerang Selatan,Banten, Selasa ( 22/10) yang bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional.

Sekitar 200 Santri menyanyikan mars tersebut di hadapan K.H Syarif Rahmat, pimpinan Pondok Pesantren Ummul Quro, Finance and technical Director Metro TV Mirdal Akib, dan Head of Corporate Communication Metro TV Fifi Aleyda Yahya.

Momentum itu bertepatan pula dengan agenda Metro TV memberikan pelatihan jurnalistik serta public speaking yang dipandu presenter Metro TV, Eva Wondo.

“Santri santri kami disini harus berjanji dan bersumpah untuk cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kalau orang mau tahu dimana pesantren NKRI disinilah pesantren Indonesia, “ tegas Syarif Rahmat yang tampil mengenakan busana adat Jawa warna hitam dengan blangkon di kepala.

Ponpes Ummul Quro memiliki tradisi khas pesantren nusantara , para santrinya yang berasal dari Papua, Nusa Tenggara Timur, Jambi, hingga Jawa mengenakan celana panjang atau sarung serta kopiah. Sedangkan santriwati mengenakan hijab biasa, tidak menggunakan gamis.

Baca juga : Ketua Umum PB NU Peringati Hari Santi Nasional 2019 di Bogor

Syarif menegaskan NKRI berdiri atas perjuangan ulama yang mencintai negerinya, kendati umat Islam mayoritas namun tetap harus menghormati pihak lain yang non muslim.

“Apa yang sudah kita rajut bersama dalam bingkai NKRI dan Pancasila mari kita jaga, jangan kita sobek,”tegas Syarif yang dikenal sebagai tokoh NU kultural jebolan Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ) Jakarta. .

“Dengan membawa semangat tema Hari Santri Nasional tahun ini, yaitu ‘Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia’ semoga para santri dan santriwati dapat menjadikan ilmu ini sebagai bekal untuk menyebarkan pesan perdamaian kepada masyarakat.” Kata Mirdal Akib.

Menurutnya, komitmen Ponpes Ummul Quro menjaga NKRI patut diapresiasi. Dia berharap kelak para lulusannya akan menjadi tokoh tokoh bangsa di masa depan.

“Semoga dari pesantren ini,20 tahun mendatang akan lahir tokoh semacam Soekarno dan HOS Cokroaminoto, KH Agus Salim dan Sutan Syahrir,” ujar Mirdal.

Sebagai wujud kepedulian Metro TV di bidang pendidikan, lanjut dia, pelatihan jurnalistik seperti ini diharapkan dapat memberdayakan kemampuan para santri dan santriwati sebagai penerus bangsa di masa datang. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More