Selasa 22 Oktober 2019, 20:41 WIB

Menteri Harus Cocok dengan Semangat Zaman

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Menteri Harus Cocok dengan Semangat Zaman

MI/ramdani
Pendiri Gojek Nadiem Makarim memenuhi panggilan Jokowi di Istana Kepresidenan

 

WAJAH  baru dalam pemanggilan calon menteri selama dua hari kebelakang menimbulkan persepsi di kalangan publik. Tuntutan zaman yang terus berkembang harus didampingi dengan kualitas Kementerian yang turut menyesuaikan dengan perkembangan tersebut.

Pada wajah baru yang dipanggil oleh Presiden Joko Widodo ke Istana dengan menggunakan kemeja putih dan celana berwarna hitam dinilai cukup memberikan nilai positif kalangan calon menteri dari profesional.

"Secara umum nama yang masuk cukup positif yang nama baru nonpartai, Nadiem Makarim, Wishnutama, Bahlil Lahadalia dan lainya," Kata Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan saat dihubungi, Selasa (22/10).

Menurut Djayadi, nama-nama calon menteri yang dipanggil Jokowi sudah sesuai dengan keinginan Jokowi yang ingin menterinya memiliki program yang sesuai dengan perkembangan zaman dan merangkul kalngan milenial, ekonomi kreatif, dan pemanfaatan ekonomi digital.

Baca juga : Luhut Mengaku Diminta Jadi Menko Kemaritiman dan Investasi

"Dan yang baru sudah memberikan bukti memberikan kreativitas dan inovasi yang sangat diperlukan dan lompatan yang diinginkan oleh Presiden kedepannya," Ujar Djayadi.

Namun, Djayadi menyayangkan makin sedikitnya menteri dari kalangan perempuan yang dipanggil Jokowi sebagai calon menteri. Tercatat baru 3 calon menteri perempuan yang dipanggil Jokowi, yaitu Sri Mulyani, Ida Fauziah, dan Siti Nurbaya. Sementara Retno Marsudi digadang-gadang tetap meneruskan jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri.

"Ada gabungan muda dengan senior, ada juga profesional, akademisi, dan partai politik. Yang kurang itu perempuan baru tiga setahu saya (yang dipanggil)," Tandasnya.

Dari sisi keterwakilan daerah, Djayadi menyebut komposisi kabinet saat ini sudah sesuai dan mumpuni dari sisi keahlian. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More