Selasa 22 Oktober 2019, 20:00 WIB

Kebakaran Pipa Gas Berhasil Dipadamkan, Korban Lain Ditelusuri

Depi Gunawan | Nusantara
Kebakaran Pipa Gas Berhasil Dipadamkan, Korban Lain Ditelusuri

MI/Depi Gunawan
Kebakaran pipa PT Pertamina di Cimahi

 

SETELAH berjibaku selama kurang lebih empat jam, kebakaran pipa PT Pertamina di Kampung Mancong RT 02/01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, akhirnya berhasil dipadamkan.

Proses pemadaman api menggunakan cairan AFF atau Aqueous Film Forming Foam yang khusus digunakan untuk memadamkan kobaran akibat cairan minyak yang berbentuk busa atau foam.

Usai api benar-benar berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB, petugas damkar dibantu kepolisian melakukan pendinginan di area yang terbakar serta melokalisir tempat kejadian perkara (TKP).

"Alhamdulillah, pukul 18.00 WIB api bisa dipadamkan oleh petugas yang menurunkan 25 unit mobil pemadam. Tim Pertamina juga membantu proses pemadaman dengan menggunakan cairan khusus," kata Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, di lokasi.

Pascakejadian, pihaknya mengamankan TKP agar masyarakat tidak mendekati lokasi. Pasalnya, diperkirakan masih ada sisa bocoran minyak dari pipa yang terbakar meskipun pihak Pertamina sudah menutup aliran pipa di Km 130 dan Km 128.

"Kami memberi tanda police line (garis polisi) di lokasi agar masyarakat tidak mendekat. Kami juga imbau masyarakat untuk tidak menimbulkan perbuatan yang bisa menyebabkan percikan api," bebernya.

Terkait dengan jumlah korban, Rusdy mengaku, saat ini baru satu orang yang dipastikan meninggal. Selain mengamankan lokasi, pihaknya pun tengah mengupayakan evakuasi bilamana ditemukan korban lainnya.


Baca juga: Pertamina Sebut Pipa Terbakar Salur BBM Jenis Pertamina Dex


"Kami sedang mencari bersama BPBD. Untuk warga yang tinggal di sekitar lokasi, kini sudah diperbolehkan kembali ke rumahnya masing-masing," terangnya.

Rusdy juga menyebutkan, kepolisian akan menyelidiki lebih dalam penyebab kebakaran hebat tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, pipa minyak PT Pertamina di Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, terbakar sekitar jam 14.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sumber kebakaran berasal dari jebolnya pipa minyak Pertamina akibat alat berat saat pengerjaaan proyek trase Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi, memastikan satu orang meninggal dalam peristiwa tersebut.

"Korban meninggal diduga merupakan operator alat berat. Nanti kita teliti setelah api sudah benar-benar padam," kata Kapolda saat meninjau lokasi kebakaran.

Berdasarkan informasi yang beredar, korban bernama Li Xuanfeng dari PT CREC yang merupakan warga asing. Kepolisian belum dapat menyimpulkan penyebab pasti kebakaran besar tersebut.

"Dugaan awal, korban sedang menancapkan benda keras pada trase KCIC. Lalu terkena pipa dan meledak," tuturnya. (OL-1)

Baca Juga

 MI/PIUS ERLANGGA

Digitalisasi Penyiaran Merangkul kembali Wilayah 3T

👤 (RO/N-3) 🕔Rabu 25 November 2020, 01:00 WIB
WAKIL Ketua MPR RI Lestari Moerdijat memperingatkan di era globalisasi ada indikasi lunturnya pemahaman nilai-nilai kebangsaan di tengah...
anggoro

Ramai-Ramai Menolak Rizieq

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 25 November 2020, 00:55 WIB
RIZIEQ Shihab sepertinya harus berpikir matang untuk meninggalkan Jakarta dalam beberapa hari...
Dok. Pemprov DKI Jakarta

Positif Covid-10 Magetan Tembus Melebihi 600 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:25 WIB
Jumlah warga Kabupaten Magetan terkonfirmasi positif Covid-19 menembus angka 600 orang lebih setelah ada tambahan tiga pasien baru pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya