Selasa 22 Oktober 2019, 17:39 WIB

Truk Pengangkut Besi Patah di Tol Jakarta-Cikampek

Gana Buana | Megapolitan
 Truk Pengangkut Besi Patah di Tol Jakarta-Cikampek

ANTARA/Risky Andrianto
ilustrasi -- Sejumlah pengendara melintas di di ruas Jalan Tol Jakarta-Jalan Tol Jakarta-Cikampek, di Bekasi, Jawa Barat.

 

TRUK pengangkut besi plat 60 ton patah di kilometer 14 ruas tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Jakarta, Selasa (22/10). 

Akibatnya arus lalu lintas mengatah ke Jakarta macet parah sejak pagi hingga saat berita diturunkan.

Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Faiza Rini mengatakan, kendaraan truk flatbed bermuatan besi plat 60 ton mengalami kecelakaan tunggal pada pukul 05.30 WIB. Diduga kecelakaan disebabkan sopir truk mengantuk.

“Kecelakaan diakibatkan oleh pengemudi kendaraan yang mengantuk sehingga menabrak pembatas jalan hingga terbalik miring dan mengalami patah as roda karena kondisi truk yang overload,” kata Faiza dalam keterangan resmi, Selasa (22/10).

Menurut dia, proses evakuasi masih berlangsung. Dua unit alat berat jenis crane dikerahkan untuk mengevakuasi.

Namun, belum juga membuahkan hasil. Karena itu, petugas di lapangan akan memotong bagian truk supaya mudah dievakuasi.

“Saat ini terpantau kepadatan masih terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang disebabkan oleh proses evakuasi yang masih berlangsung,” kata Faiza.

Kurniawansyah, seorang pengendara mengatakan akibat kemacetan tersebut dirinya harus menempuh Cibitung-Bekasi Timur dalam waktu dua jam. Ia pun harus rela keluar Gerbang Tol (GT) Tambun untuk menghindari kemacetan.

“Ini sudah motong jalur dengan keluar di Tambun,” ungkap dia.

Baca juga: Kebakaran di Tol Padalarang, Pertamina Fokus Tangani Pipa

Kurniawansyah mengaku, perjalanannya akan semakin lama apabila Ia paksakan tetap berada di dalam ruas tol. Padahal biasanya untuk sampai ke Bekasi Barat Ia hanya butuh waktu 15 menit.

“Kalau dipaksain terus sampai GT Bekasi Timur, bisa tembus tiga sampai empat jam. Padahal, normalnya hanya 15 menit,” kata dia.

Berdasarkan pemantauan, kemacetan masih terjadi di ruas tol Jakarta-Cikampek. Beberapa kendaraan memang memotong perjalanan dengan keluar di Gerbang Tol Tambun, lewat Jalur Kalimalang masuk kembali ke ruas tol dari Gerbang Tol Bekasi Tkmur. 

Adapun, ekor kemacetan tembus sampai Cikarang. Di Gerbang Tol Cibitung ekor kemacetan mengular sampai kawasan industri MM 2100. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More