Selasa 22 Oktober 2019, 09:55 WIB

NasDem Favorit Bakal Calon Kepala Daerah

Puji Santoso | Nusantara
NasDem Favorit Bakal Calon Kepala Daerah

MI/PUJI
WNI asal Spanyol, Carlos Melgares Varon, mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Samosir melalui Partai NasDem

 

PARA bakal calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Serentak 2020 terus berdatangan ke Partai NasDem. Mereka berniat maju di pilkada melalui partai politik itu.

Dalam proses penjaringan bakal calon kepala daerah di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Carlos Melgares Varon, 56, mengaku sangat serius mendaftar jadi calon Bupati Samosir melalui NasDem. Kelahiran Guadix Granada, Spanyol, itu siap berkompetisi memperebutkan jabat­an bupati.

“Saya memilih Partai NasDem untuk mendaftar karena partai itu mengusung tagline perubahan dan tidak ada mahar politik,” ujarnya, kemarin.

Ia mengatakan, tujuannya menjadi bupati karena terpanggil untuk memperbaiki kehidupan warga Batak di Kabupaten Samosir yang dinilai­nya masih jauh dari sejahtera. Ia bertekad mewujudkan keadilan sosial warga Samosir dengan mengangkat hak dan martabat mereka yang memiliki adat istiadat dan kearifan lokal yang tidak dapat ditemukan di daerah lain.

Carlos yang menjadi WNI sejak 2008 mengaku saat ini tinggal di Jakarta. Ia memiliki orangtua angkat yang tinggal di Simpang Empat, ­Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. Laki-laki yang disebut-sebut sebagai eks pemain sepak bola klub Real Betis di Liga Spanyol 1982-1985 itu juga mengaku memperistri perempuan Batak bernama Adiriana Boru Malau asal Kecamatan ­Pangururan.

Menurutnya, ia tidak main-main saat mendaftar sebagai bakal calon bupati. Bahkan, ia menargetkan merevitalisasi birokrasi melalui lelang jabat-an yang berkesinambungan. Pengakuan atas revitalisasi adat dan kearifan lokal,  lanjutnya, menjadi hal yang harus segera terwujud mulai dari desa dan kecamatan.

“Program saya yang lain ialah sanitasi air bersih dan pola elektrifikasi kehidupan rakyat supaya layak dan sejahtera. Selain itu, peningkatan kaum muda yang kreatif dan dinamis, serta peduli lingkungan,” tegas Carlos.

Ketua DPW NasDem Suma­tra Utara Iskandar memastikan Carlos akan mendapat perlakuan sama dengan pendaftar lain yang ikut penjaringan bakal calon kepala daerah Samosir. “Kami akan proses Pak Carlos sama seperti calon-calon lain,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Peduli Pandong Spenra juga menyatakan akan maju di pilkada Dharmasraya, Sumatra Barat. Pandong yang berhasil mengantarkan dua bupati di pilkada Dharmasraya, yakni Adi Gunawan (2010-2015) dan Sutan Riska Tuanku Kerajaan (2015-2020), kali ini memilih untuk maju di pilkada Dharmasraya dan tidak lagi sebagai tim pemenangan.

“Hari ini saya sudah mengembalikan formulir ke Partai NasDem. Dengan ini saya nyatakan siap bertarung di pilkada Dharmasraya. Baik nanti sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati,” kata Pandong.

Calon gubernur

Presiden Himpunan Masyarakat Kerinci Indonesia (HKII) Ramli Taha, kemarin, mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Jambi untuk Pilkada 2020 ke Kantor DPW Partai NasDem Provinsi Jambi. Ramli disambut Sekretaris DPW Partai NasDem Jambi Syafboni Syafar.

Dari Solo dilaporkan, DPC PDIP Solo bergeming dengan rencana Gibran Rakabuming yang tetap akan maju dalan Pilkada Surakarta 2020 lewat DPD atau DPP PDIP. Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menegaskan, sesuai aspirasi arus bawah, DPC hanya membawa pasangan nama Achmad ­Purnomo-Teguh ke DPP. (YH/SL/WJ/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More