Senin 21 Oktober 2019, 21:24 WIB

Calon Menteri di Kabinet Jokowi-Amin Disebut Penuh Kejutan

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Calon Menteri di Kabinet Jokowi-Amin Disebut Penuh Kejutan

MI/Ramdani
Pendiri Gojek Nadiem Makarim menemui Presiden Jokowi terkait kursi menteri di kabinet kerja

 

DIREKTUR Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyatakan sejumlah nama yang dipanggil Presiden Joko Widodo sehubungan dengan penyusunan kabinet cukup mengejutkan publik.

Satu di antaranya ialah munculnya pendiri Gojek Nadiem Makarim yang akan diplot mengisi satu posisi di kabinet.

"Ada kejutan dari sisi nama-nama baru yang kemudian menjawab perbincangan publik benerapa hari terakhir. Seperti nama Nadiem, Erick Thohir, dan Mahfud MD," ujar Hanta dihubungi Media Indonesia, Senin (21/10).

Kejutan lainnya, imbuh Hanta, ialah kemunculan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Waketum Edhy Prabowo. Sebelumnya, sejumlah kalangan memprediksi hanya nama Edhy Prabowo yang akan disorongkan Gerindra untuk menduduki kursi menteri.

"Kemunculan Prabowo memenuhi panggilan Presiden Jokowi cukup mengejutkan publik dan itu juga memperjelas peluang Gerindra akan bergabung ke koalisi pemerintah," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia itu.

Baca juga : Gerindra Merapat ke Istana, Kekuatan Penyeimbang Akan Melemah

Selain itu, ada juga Komisaris Utama Net TV Wishnutama, eks Tim Kampanye Nasional Erick Thohir, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Menurut Hanta, sejumlah nama yang dipanggil Jokowi belum menggambarkan kebutuhan komposisi kabinet khususnya calon yang mengisi tim ekonomi. Ia menilai sejumlah tokoh yang hadir memenuhi panggilan Jokowi sebagian besar bukan untuk mengisi pos kementerian bidang ekonomi.

"Tim ekonomi mungkin baru Airlangga dan Erick Thohir. Kita belum tahu misalnya apakah Sri Mulyani tetap akan di dalam (pemerintah). Kita tunggu satu hari ke depan karena publik dan pasar khususnya akan sangat menanti nama-nama di tim ekonomi," ujarnya.

"Yang juga ditunggu-tunggu ialah bagaimana jatah partai-partai koalisi dan siapa nama yang muncul," tukasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More