Senin 21 Oktober 2019, 18:24 WIB

Tokoh Muda dalam Kabinet Kerja Bawa Harapan baru

Ihfa Firdausya | Politik dan Hukum
Tokoh Muda dalam Kabinet Kerja Bawa Harapan baru

MI/Ramdani
CEO Netmediatama Wishnutama saat tiba di Istana Kepresidenan, Senin (21/10)

 

KEMUNCULAN tokoh-tokoh muda sebagai calon menteri dalam kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin diharapkan bisa membawa angin segar dalam pemerintahan Jokowi-Amin lima tahun mendatang.

Sejumlah tokoh muda yang hadir di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2110) dalam rangka pembentukan kabinet kerja jilid II antara lain Nadiem Makarim, Wishnutama, dan Erick Thohir. Ketiganya merupakan pengusaha yang sukses di bidangnya masing-masing.

Kepala Departemen Ekonomi Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri menilai tokoh-tokoh muda itu cocok mengisi pos-pos bidang ekonomi, terutama ekonomi digital.

"Saya pikir bisa dianggap membawa angin segar terutama kalau yang memang sifatnya ekonomi yang baru, seperti ekonomi digital. Bagusnya memang ditangani oleh orang-orang muda. Karena mereka yang memang lebih dekat dengan hal tersebut," ujar Yose saat dihubungi Media Indonesia, (21/10).

Ia memberikan contoh, Nadiem Makarim yang dikenal sebagai salah satu tokoh dan praktisi digital ekonomi terkemuka cocok menangani bidang tersebut.

Baca juga : Nadiem Makarim, Rela Tinggalkan Gojek Demi Bantu Pemerintahan

"Ada kemungkinan juga dia memang ditaruh untuk mengurusi digital ekonomi," imbuhnya.

Yose mengakui ketiga nama tokoh muda itu memiliki kapabilitas yang baik untuk mengisi pos-pos tertentu dalam kabinet mendatang. Namun, ada tantangan berat yang harus dihadapi mereka.

"Kita juga harus ingat bahwa birokrasi di Indonesia, seperti disebut Pak Presiden sendiri kemarin, itu sangat challenging. Jadi orang-orang ini mudah-mudahan, walaupun mereka muda tapi sanggup menghadapi birokrasi yang ada," katanya.

Dalam pidatonya saat pelantikan kemarin, Presiden Jokowi secara eksplisit menetapkan bahwa reformasi birokrasi menjadi salah satu agenda utama pembangunan ke depan.

"Itu artinya perlu orang-orang cukup kuat, baik itu di birokrasinya sendiri ataupun dari sisi politik. Karena memang harus diakui bahwa yang muda kemungkinan besar belum punya pengalaman untuk menghadapi birokrasi serta agenda politik dan tekanan politik yang ada. Tapi mudah-mudahan mereka sudah cukup matang," tutur Yose.

Baca juga : Tiga Profesional Muda yang Dipanggil Jokowi Dinilai Layak

Sebelumnya, kemunculan ntokoh muda itu sebagai calon menteri juga berdampak positif pada respon pasar.

"Responnya positif, terutama yang terkait dengan saham-saham yang berhubungan dengan mereka," ungkap Analis Woorisec Korindo Reza Priyambada saat dihubungi Media Indonesia, Senin (21/10).

Bahkan, pergerakan harga saham perusahaan milik Erick Thohir, PT Mahaka Media Tbk, melesat ke level Rp236 per saham, tumbuh 28,96% atau 53 poin dibanding harga pembukaan hari ini di angka Rp188. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More