Senin 21 Oktober 2019, 10:10 WIB

Ribuan Warga Korban Bencana Angin Masih Mengungsi

Bagus Suryo | Nusantara
Ribuan Warga Korban Bencana Angin Masih Mengungsi

Dok BPBD Kota Batu
Angin kencang yang membawa debu telah memporakporanda tiga desa di Kota Batu sejak Sabtu (19/10) dan menewaskan satu orang.

 

RIBUAN warga masih mengungsi setelah angin puting beliung menerjang tiga desa di Kota Batu, Jawa Timur. Seorang warga meninggal dunia. Angin juga merusak puluhan rumah, mematikan jaringan komunikasi dan listrik di daerah itu. Bencana angin berkekuatan merusak terjadi sejak Sabtu (19/10) malam membawa material debu meluluhlantakkan Desa Sumberbrantas.

"Kerusakan sangat parah, atap rumah-rumah masyarakat banyak yang beterbangan," tegas warga Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rudi Madiyanto kepada Media Indonesia, Senin (21/10).

Green house milik Rudi hancur diterjang angin secara beruntun pada Sabtu dan Minggu (20/10). Akibat bencana ini, kebanyakan warga mengungsi. Sebab, angin membawa debu mengakibatkan gangguan pernapasan dan penglihatan. Sampai saat ini hampir seluruh Desa Sumberbrantas, desa yang terparah terdampak bencana, lumpuh. Desa terdampak bencana lainnya di Gunungsari dan Sumbergondo.

Pada Minggu (20/10) malam, angin masih bertiup cukup kencang. Banyak pohon banyak yang bertumbangan menutup badan jalan akses dari dan ke Kota Batu-Kabupaten Mojokerto. Pohon juga menimpa rumah dan jaringan listrik.

Menurut data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, korban meninggal dunia satu orang, yakni Sodiq, warga Sumberbrantas, akibat gangguan pernapasan. Bencana ini juga mengakibatkan sejumlah warga terluka.

Supervisor Pusat Pengendalian Operasi BPBD Pemerintah Kota Batu Ismu Buana mengungkapkan korban bencana yang menempati pengungsian di Posko BPBD sebanyak 351 jiwa. Pengungsi di rumah dinas walikota 122 orang. Pengungsi di Balai Desa Punten 530 orang, 40 orang mengungsi di Balai Desa Tulungrejo dan 173 orang mengungsi di SDN 1 Punten. Data sementara total pengungsi sebanyak 1.216 orang.

baca juga: Angin Kencang Landa Kota Batu, Satu Tewas

Saat ini, petugas gabungan sedang menyiapkan titik pengungsian lainnya di Balai Desa Sidomulyo, Kelurahan Sisir, GOR Ganesa, Balai Desa Sumbergondo dan Sekretariat PGRI. Personel terus mengevakuasi warga, sebab angin belum ada tanda-tanda bakal mereda. Adapun TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja ditempatkan di lokasi terdampak yang ditinggalkan oleh penghuninya. Sedangkan kebutuhan mendesak sekarang, ialah bahan makanan, air mineral, perlengkapan bayi, perlengkapan bersih diri dan selimut.(OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More