Senin 21 Oktober 2019, 09:45 WIB

Tanpa Sarung, Abah Terima Tiga Tamu Negara Asing

Nur Aivanni/X-4 | Politik dan Hukum
Tanpa Sarung, Abah Terima Tiga Tamu Negara Asing

ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY
Pelantikan Presdien dan Wapres 2019-2024:

 

ADA yang berbeda dari penampilan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Biasanya Ma’ruf menggunakan jas dan sarung.

Kali ini, sejak pelantikan sebagai wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR, Jakarta, hingga tadi malam menerima sejumlah tamu negara, penampilan kiai sepuh ini tampil pangling dengan busana formal, yakni jas hitam, kemeja putih, dasi warna biru dongker polkadot, dan celana panjang hitam.

Ma’ruf  menerima tamu negara dari Tiongkok, Vietnam, dan Myanmar pada hari pertama bertugas  di Istana Wakil Presiden, Jakarta. Dia tiba di Istana Wapres pukul 19.20 WIB. Dengan senyum mengembang, ia pun turun dari mobil dinasnya yang kini berpelat RI 2.

Tugas pertama, Ma’ruf bertemu Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok Wang Qishan sekitar 14 menit. Kemudian ia melanjutkan pertemuan dengan Wakil Presiden Republik Sosialis Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh. Pertemuan berlangsung sekitar 14 menit.

Terakhir, ia bertemu dengan Wakil Presiden Republik Uni Myanmar Henry Van Thio. Kali ini, pertemuan berlangsung agak lama, sekitar 28 menit.

Selain bentuk perkenalan, pertemuan itu membahas bidang pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, juga investasi.

Dengan tugas pertama tersebut, Ma’ruf mengaku masih belum mengetahui banyak. “Yah, belum tahu apa-apa, langsung menerima tamu,” kata Ma’ruf sembari tersenyum saat ditanya soal kesan berkantor pertama kali di Istana Wakil Presiden.

Sebagai wakil presiden terpilih, kata Ma’ruf, ia siap untuk melanjutkan tugas yang sebelumnya diemban Wakil Presiden ke-12 RI Jusuf Kalla. “Misalnya, penanggulangan kemiskinan, reformasi birokrasi, kesehatan, stunting, (dan) lain-lain,” tuturnya.

Tugas Ma’ruf pun tak berhenti di situ. Hari ini, ia pun akan berangkat ke Jepang untuk mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito.

Terkait dengan pindah kediaman, Ma’ruf mengutarakan bahwa dirinya akan menempati rumah dinas wakil presiden setelah kembali dari Jepang.

Soal penampilan Ma’ruf tanpa sarung, Ketua MPR Bambang Soesatyo berseloroh seusai pelantikan. “Hari ini ada yang baru. Abah pakai celana.” (Nur Aivanni/X-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More