Senin 21 Oktober 2019, 07:45 WIB

Ucapan Selamat Mengalir dari Negara Sahabat

Uca/AFP/Ant/X-11 | Politik dan Hukum
Ucapan Selamat Mengalir dari Negara Sahabat

MI/SUSANTO
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendapat ucapan selamat dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan istri

 

SEJUMLAH kepala negara dan pemerintahan negara sahabat menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Saat menjelang pelantikan, di Istana Merdeka, Jakarta, Jokowi bertemu dengan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, dan Raja Eswatini Mswati III dari Afrika.

Setelah pelantikan, Presiden kembali menerima kunjungan kehormatan dari Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok Wang Qishan, Wakil Presiden Republik Sosialis Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh, Wakil Presiden Republik Uni Myanmar Henry Van Thio, Utusan Khusus Presiden Republik Korea Noh Young-min, Utusan Khusus Presiden Filipina Theodoro Locsin Jr, Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Nakayama Norihiro, Utusan Khusus Presiden Persatuan Emirat Arab Sheikh Nahyan Mabarak Al Nahyan, dan Utusan Khusus Presiden A­merika Serikat, Elaine L Chao.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, para kepala negara, selain meng­ucapkan selamat, juga menyampaikan komitmen memperkuat kerja sama bila­teral dengan Indonesia. “Mereka optimistis Presiden akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik,” kata Menlu.

PM Singapura Lee Hsien Loong, misalnya, berharap persahabatan Singapura-Indonesia terus menguat. Ucapan selamat juga disampaikan Presiden Republik Korea Selatan, Moon Jae-in dalam utas Twitter-nya. “Saya mengucapkan selamat atas pelantikan sahabat baik saya Bapak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia. Rakyat Indonesia kembali memilih Bapak Joko Widodo sebagai presiden. Saya berharap Korea dan Indonesia akan terus berupaya mewujudkan kesejahte­raan bersama dengan memadukan visi ‘Indonesia Maju’ dan ‘New Southern Policy’,” tulis Moon Jae-in.

Sementara itu, Presiden Pakistan Arif Alvi mengirim ucapan selamat melalui rekaman video yang dikirim oleh Kedutaan Besar Pakistan di Jakarta. “Saya yakin hubungan Indonesia-Pakistan akan terus meningkat berdasarkan nilai-nilai yang dibagi bersama,” ucapnya.

Pelantikan Jokowi-Amin juga diliput oleh berbagai media massa internasional. Harian The Strait Times dari Singapura, misalnya, mengutip pidato Jokowi soal berbagai tantangan pembangunan yang dihadapi Indonesia. (Uca/AFP/Ant/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More