Minggu 20 Oktober 2019, 23:30 WIB

Transaksi Trade Expo 2019 Tercatat US$9,3 M

Pra/E-1 | Ekonomi
Transaksi Trade Expo 2019 Tercatat US$9,3 M

MI/Susanto
Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 mencatat total transaksi sebesar US$9,3 miliar.

 

TRADE Expo Indonesia (TEI) 2019 mencatat total transaksi sebesar US$9,3 miliar. Angka tersebut lebih tinggi 9,6% daripada raihan tahun sebelumnya yang berjumlah  US$8,5 miliar.

Transaksi tersebut masih akan terus bertambah mengingat beberapa pembeli masih melakukan negosiasi dan kunjungan ke produsen di luar jadwal TEI 2019.

Pada tahun ini, peserta pameran yang berpartisipasi mencapai 1.500 perusahaan, naik dari tahun sebelumnya 1.160 pelaku usaha.

Untuk jumlah pengunjung yang hadir tercatat sebesar 38.590, tumbuh 15,8% dari tahun lalu yang sebanyak 33.333 pengunjung.

“Semua angka ini, baik transaksi maupun pengunjung, masih belum final. Angka resmi akan kami sampaikan pada konferensi pers pada 25 Oktober 2019,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward melalui keterangan resmi, kemarin.

Negara dengan transaksi perdagangan barang tertinggi ialah Mesir, Jepang, Tiongkok, Inggris, dan Amerika Serikat (AS). Adapun produk yang paling banyak diperdagangkan ialah makanan olahan, kertas dan produk kertas, minyak kelapa sawit (CPO), produk pertanian, dan kopi.

“Capaian positif ini tidak lepas dari kerja keras segenap perangkat Kementerian Perdagangan, baik di dalam negeri sebagai penggerak ekonomi nasional maupun para perwakilan perdagangan di luar negeri yang telah melaksanakan diplomasi perdagangan dengan sangat baik,” tuturnya.

Para pelaku usaha serta instansi lain seperti Kementerian Luar Negeri dan perwakilan negara di negara mitra, lanjut Dody, juga memiliki andil sangat besar karena mampu bersinergi baik dengan pemerintah.

Ke depannya, para pengusaha yang sudah menjalin kemitraan dengan pebisnis luar negeri diharapkan dapat terus meningkatkan nilai perdagangan sehingga mampu mendorong kinerja ekspor Tanah Air. (Pra/E-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More