Minggu 20 Oktober 2019, 14:02 WIB

Tamu Negara Yakin Jokowi-Amin Bawa Indonesia ke Arah Lebih Baik

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Tamu Negara Yakin Jokowi-Amin Bawa Indonesia ke Arah Lebih Baik

MI/RAMDANI
Presiden Joko Widodo

 

SEJUMLAH tamu negara menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas keterpilihannya kembali di periode kedua. Hal itu mengemuka dalam pertemuan Jokowi dengan sejumlah tamu negara pagi ini (20/10) sebelum mengikuti pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024.

"Rata-rata pembicaraan yang disampaikan adalah beliau-beliau para tamu menyampaikan tentunya ucapan selamat kepada Presiden untuk masa jabatan berikutnya. Dan beliau semuanya yakin bahwa Presiden dan Wapres akan dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/10).

Selain itu, kata Retno, sejumlah tamu negara juga menyampaikan komitmen untuk terus memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia. "Presiden juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran para tamu, yang sebagian juga terbang dari jauh untuk menghadiri acara inagurasi ini," terangnya.

Presiden Joko Widodo, kata Retno, juga menyampaikan komitmen yang sama bahwa ke depan Indonesia akan terus memperkuat hubungan bilateral dengan negara-negara tersebut.

Baca juga: Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Suramadu

Untuk diketahui, jelang pelantikan, Presiden bertemu dengan Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Raja Eswatini, Raja Mswati III di Istana Kepresidenan Jakarta.

Dengan Brunei Darussalam, lanjut Retno, Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah menyampaikan terima kasih atas kontribusi warga negara Indonesia yang jumlahnya cukup banyak di Brunei dalam mendukung pembangunan ekonomi di sana.

Sementara itu, dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, kata Retno, pertemuannya adalah bersifat tete-a-tete. "Jadi, saya tidak berada di pertemuan tersebut. Bapak (Presiden) hanya bicara dengan beliau," jelasnya.

Adapun dengan Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong, terang Retno, Presiden membahas mengenai kerja sama di bidang ekonomi digital. Dan, saat bertemu dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, kata Retno, Presiden berbicara mengenai masalah ekonomi.

Lebih lanjut, kata Retno, Presiden menyampaikan keinginannya untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur saat bertemu Raja Eswatini, Raja Mswati III. "Presiden mengatakan bahwa karena di Eswatini juga sedang banyak sekali melakukan banyak pembangunan infrastruktur, Presiden mengatakan kita tertarik untuk berpartisipasi di dalam pembangunan infrastruktur," jelasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More