Minggu 20 Oktober 2019, 12:43 WIB

Empat Pendaki Gunung Ranti Berhasil Dievakuasi

Usman Afandi | Nusantara
Empat Pendaki Gunung Ranti Berhasil Dievakuasi

Antara
Ratusan wisatawan terpaksa pulang setelah kawasan Kawah Ijen ditutup dampak kebakaran Gunung Ranti, Sabtu (19/10).

 

TIM gabungan BPBD, Basarnas, TNI, Polisi dan relawan berhasil membawa empat pendaki yang terjebak di jalur pendakian Gunung Ranti, siang ini. Dari keterangan tim gabungan, keempat pendaki dalam keadaan aman dan sedang dalam perjalanan menuju ke pos rest area.

Koordinator Unit Siaga SAR Banyuwangi, Risky Putra mengatakan bahwa keempat pendaki terjebak akibat kebakaran di Gunung Ranti. Proses evakuasi sudah dimulai sejak jam satu dinihari, namun terkendala akibat cuaca yang tidak mendukung.

Kebakaran hebat yang terjadi di kawasan Gunung Ranti, Banyuwangi, Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso mengakibatkan wisata kelas dunia kawah Ijen ditutup sementara waktu.

Letkok Inf Eko Yuli Purwanto saat ditemui di pos Rest Area Gunung Ranti mengatakan dari hasil koordinasi, untuk sementara wisata ke Gunung Ijen ditutup sejak Sabtu (19/10).

"Iya tadi kordinasi ditutup sementara. Untuk mengantisipasi keamanan warga saja," ujar Eko kepada Media Indonesia, Minggu (20/10).

baca juga: Pemprov NTT Bangun Tujuh Destinasi Pariwisata Baru

Eko juga menjelaskan, dari analisa awal penyebab kebakaran di Gunung Ranti adalah gesekan antar ranting pohon yang memicu kebakaran hutan Gunung Ranti.

"Sekarang ini lagi musim kemarau, angin di atas sini juga kencang. Menurut analisa tim gabungan, kebakaran terjadi karena gesekan ranting," tambahnya. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More