Minggu 20 Oktober 2019, 00:05 WIB

Rumah Cerdas Tingkatkan Pribadi Cerdas yang Berbudi Luhur

Muhammad Zen | Humaniora
Rumah Cerdas Tingkatkan Pribadi Cerdas yang Berbudi Luhur

MI/Muhammad Zen
Warga mendatangi Rumah Cerdas Berbudi Luhur di Petukangan Utara, Jakarta

 

MEMILIKI misi tidak hanya mencerdaskan masyarakat, namun juga menciptakan pribadi yang berbudi luhur di tengah masyarakat.

Yayasan Budi Luhur membangun gedung pelatihan serba guna yang terlahir dari program Rumah Cerdas Berbudi Luhur (RCBL), yang melebur dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Budi Luhur (UBL), dimanfaatkan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Menurut Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro, RCBL ini dibangun di luar kampus supaya lebih bisa berbaur dengan masyarakat sekitar.

"Kita coba untuk bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan memberikan program-program pendidikan agar bisa meningkatkan keilmuan kepada mereka, seperti pengadaan pelatihan komputer dan seminar-seminar. Ini sifatnya sosial," ungkap Hanggoro saat meresmikan gedung berlantai empat di Petukangan Utara, Jakarta pada Jumat (18/10).

Pendapat senada diungkapkan Rektor UBL Wendi Usino, kecerdasan secara ilmu sebaiknya juga diiringi dengan budi pekerti yang baik.

"Ini adalah wadah bagaimana mendidik warga di lingkungan kampus menjadi cerdas dan berbudi luhur. Cerdas saja tidak cukup, namun harus diikuti dengan pribadi yang berbudi luhur," jelas Wendi.

Selain melibatkan pengurus yayasan dan mahasiswa, pihak pemerintah setempat juga dilibatkan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat, memanfaatkan bangunan yang berdiri di atas lahan 650 meter persegi tersebut.

"Dunia internet seperti pisau bermata dua, selain bisa memberikan banyak informasi positif, informasi yang salah (hoaks) juga banyak bertebaran. Pemahaman seperti itulah yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat," jelas Wendi lagi.

Dalam kegiatannya nanti, pihak kampus ini tidak hanya melibatkan para pemuda di lingkungan itu, namun juga para orang tua dan anak-anak.

Selain menyediakan ruangan aula untuk beragam kegiatan mahasiswa dan masyarakat, gedung ini juga menyiapkan ruangan kantor serta tempat tinggal bagi mahasiswa baru penerima beasiswa nusantara dari kampus. (OL-7)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Iuran BPJS tengah Dikaji

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 25 November 2020, 03:30 WIB
Penambahan variabel dan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dinilai akan berpengaruh terhadap besaran iuran BPJS...
ANTARA

Wisata Berbasis Ekosistem Gambut

👤SS/H-1 🕔Rabu 25 November 2020, 03:20 WIB
Pengelolaan lahan gambut juga harus diselaraskan dengan pemulihan ekosistem gambut itu...
MI/Yoseph Pencawan

Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

👤PS/YP/H-3 🕔Rabu 25 November 2020, 03:10 WIB
Muryanto memaparkan ada enam program bertajuk Transformasi Universitas Sumatera Utara Merespons Disrupsi dan Hiperkompetisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya