Minggu 20 Oktober 2019, 04:20 WIB

18 Negara Hadiri Pelantikan Jokowi

Melalusa Susthira K | Politik dan Hukum
18 Negara Hadiri Pelantikan Jokowi

ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY
Wakil Presiden Jusuf Kalla berbincang dengan Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan (kiri) dalam pertemuan di Istana Wapres, Jakarta, kemarin.

 

WAKIL Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, kemarin. Keduanya membahas mengenai bagaimana meningkatkan hubungan Indonesia dengan Tiongkok.

"Tadi pertemuan bilateral karena kunjungan Wakil Presiden Wang ke sini dalam rangka menghadiri pelantikan Presiden, itu saja yang kita bicara yang hubungan baik saja, bagaimana meningkatkan hubungan Indonesia dengan Tiongkok," kata JK.

Seperti diketahui, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin akan mengucapkan sumpah sebagai presiden dan wakil presiden (wapres) periode 2019-2024 di gedung parlemen, Jakarta, hari ini. Terdapat kurang lebih 18 kepala negara/kepala pemerintahan maupun utusan khusus negara sahabat yang menghadiri pelantik-an. Untuk duta besar, setidaknya 168 dubes dijadwalkan hadir.

"Kurang lebih 18 tamu negara. Kepala negara Brunei Darussa-lam, Malaysia, Singapura, Australia, Vietnam, Myanmar, Filipina hadir. Republik Rakyat Tiongkok (hadir) wapres, Vietnam wapres, Thailand deputi, Amerika Serikat (AS) dan Laos utusan khusus," kata Kepala Sekretariat Presiden (Setpres) Heru Budi Hartono, kemarin.

PM Australia Scott Morrison menyatakan kesediaan untuk menghadiri pelantikan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wa-kil Presiden Ma'ruf Amin pada Minggu (20/10). "Saya menantikan perjalanan saya ke Indonesia lagi untuk menegaskan kembali ikatan unik kami dan berbagi visi untuk kawasan Indo-Pasifik yang damai dan makmur," kata Morrison.

Morrison berharap memberi selamat kepada Presiden Joko Widodo atas kemenangannya dalam pemilihan ini dan membangun persahabatan yang kuat dan kemitraan.

PM Malaysia Mahathir Moha-mad juga menghadiri pelantik-an Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Mahathir ditemani istrinya, Tun Siti Hasmah Mohd Ali. Kemudian Menlu Dato Saifuddin Abdullah dan pejabat senior dari Kantor Perdana Menteri dan Kementerian Luar Negeri.

Sultan Brunei Haji Hassanal Bolkiah pun menghadiri upa-cara pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin.

Tingkatkan kerja sama

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Sujatmiko mengatakan, kedua negara akan berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama guna meningkatkan kesejahte-raan rakyat, keamanan, dan perdamaian dunia. "Ini termasuk penyelesaian masalah yang tertunda, seperti perjanjian di sektor tenaga kerja, pengembangan kolaborasi baru, seperti sektor investasi Brunei Darussalam di Indonesia, dan peningkatan volume perdagangan," tambahnya.

PM Singapura Lee Hsien Loong bertolak ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan kedua Presiden Joko Widodo sebagai Presiden RI terpilih 2019-2024.

Lee menegaskan komitmen Singapura memperkuat hubungan bilateral kedua negara, termasuk berbagai bidang kerja sama sebagaimana yang disepakati pada pertemuan Leaders' Retreat.

Lee ditemani istrinya, Ho Ching, Menteri Pendidikan Ong Ye Kung, pejabat Kantor Perdana Menteri Singapura, dan pejabat Kemenlu Singapura. (Nur/Todayonline/Ant/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More