Sabtu 19 Oktober 2019, 16:50 WIB

Kinerja DPR soal Pembagian Alat Kelengkapan Dewan Diapresiasi

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
 Kinerja DPR soal Pembagian Alat Kelengkapan Dewan Diapresiasi

Istiewa/DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani

 

UJIAN diberikan kepada Ketua DPR RI periode 2019-2024 Puan Maharani yang mencetak prestasi pertama dalam kinerjanya.

Ketua DPR RI Puan Maharani dan para pimpinan DPR RI telah merampungkan pembagian alat kelengkapan dewan (AKD) dalam waktu tiga pekan. Sementara itu, DPR RI periode sebelumnya harus membutuhkan waktu sekitar enam bulan.

Wakil Ketua Umum Generasi Optimis (GO) Indonesia Frans Meroga Panggabean mengapresiasi Ketua DPR RI Puan Maharani dan pimpinan DPR lainya yang dalam waktu singkat berhasil membentuk sebelas Komisi dan enam badan.

Pimpinan Komisi dan Badan DPR  terdiri dari satu ketua dan empat wakil ketua. Akhirnya Ketua DPR RI Puan Maharani menetapkan 17 ketua komisi dan badan, serta 66 wakil ketua komisi dan badan.

"Kita patut bersyukur sudah terbentuk alat kelengkapan dewan melalui musyawarah mufakat. Ini awal yang baik bagi lembaga pimpinan Mbak Puan karena tidak sampai tiga minggu alat kelengkapan dewan sudah terbentuk," ujar Frans Meroga Panggabean di Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019).

Frans yang juga pakar ekonomi kerakyatan itu mengatakan hal tersebut adalah kemajuan signifikan jika dibandingkan dengan  periode sebelumnya untuk membentuk AKD membutuhkan enam bulan setelah pelantikan.

Frans menyatakan bahwa DPR periode kali ini luar biasa karena menunjukkan kinerja awal yang sangat baik. Ia berharap kinerja yang baik bisa dijaga konsistensinya sampai masa akhir periode 2024 mendatang.

"Ini bukti analisa GO Indonesia tentang Mbak Puan terbukti. Beliau seorang yang kapabel dan profesional dan berhasil membawa perubahan yang positif terhadap lembaga legislatif kita," papar Frans.

"Kami berdoa dengan terbentuknya alat kelengkapan dewan ini, DPR bisa segera berkarya untuk melaksanakan aspirasi masyarakat dan kerja legislatif," ujar Frans yang juga dikenal sebagai praktisi koperasi milenial ini.

Sebagai informasi, hampir semua fraksi mendapatkan kursi ketua, kecuali PPP karena menyerahkannya kepada Demokrat. PDI Perjuangan mendapatkan kursi ketua paling banyak, yaitu tiga ketua komisi dan satu badan.

DPR bakal menggelar rapat paripurna pada Selasa, 22 Oktober 2019 mendatang untuk menetapkan jumlah komisi, komposisi AKD dan penetapan jumlah pimpinan AKD. Termasuk nama pimpinan yang bakal mengisinya.

'DPR di bawah pimpinan Mbak Puan memberikan harapan baru bagi rakyat Indonesia. Lima tahun mendatang bangsa ini akan menjadi lebih baik bila lembaga legislatif bekarya dengan semangat baru dan profesional." pungkas Frans yang juga tim penulis buku 'The Ma'ruf Amin Way'. (RO/OL-09)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More