Sabtu 19 Oktober 2019, 13:34 WIB

SBY Dipastikan Hadir di Pelantikan Jokowi

SBY Dipastikan Hadir di Pelantikan Jokowi

ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Susilo Bambang Yudhoyono

 

POLITISI Demokrat Ferdinand Hutahaean memastikan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Umum Partai Demokrat akan menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang akan digelar Minggu (20/10) sore.

"Tentu, besok, Pak SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dan juga Presiden Ke-6 RI akan menghadiri pelantikan Pak Jokowi di Senayan. Jadi, Pak SBY mewakili Partai Demokrat akan hadir mengucapkan selamat secara langsung kepada Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin," kata Ferdinand di Jakarta, Sabtu (19/10).

Partai Demokrat, kata dia, telah menyatakan dukungannya untuk pemerintahan yang baru melalui pidato kontemplasi Susilo Bambang Yudhoyono, 9 September 2019 lalu.

"Yang menyatakan memberi kesempatan untuk pemerintahan Pak Jokowi ke depan. Tetapi apakah Partai Demokrat diikutsertakan Pak Jokowi dalam pemerintahannya, kami menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi," ujarnya.

Baca juga: MUI Tegaskan Pelantikan Presiden Momen Penting

Sampai hari ini, satu hari menjelang pelantikan, Demokrat, menurut Ferdinand, belum tahu apakah akan diikutsertakan atau tidak dalam Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Tetapi bagi kami, kami percaya Pak Jokowi akan bijaksana, mengerti dan memahami kebutuhannya dalam menyusun kabinet untuk menghadapi tantangan ke depan, kami meyakini itu. Jadi, kira-kira Partai Demokrat posisinya sekarang seperti itu," tuturnya.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) telah memastikan pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 dihelat Minggu (20/10) pukul 14.30 WIB.

Berbeda dari periode sebelumnya yang digelar pada pagi hari, tahun ini, waktu pelantikan dimundurkan menjadi siang hari dengan pertimbangan memberi kesempatan kepada warga negara beribadah pada Minggu pagi dan memberikan kesempatan masyarakat yang ingin melaksanakan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day. (OL-2)

Baca Juga

dok. Polri

Tokoh KAMI Ahmad Yani Belum Dipanggil, Tergantung Penyidik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 26 Oktober 2020, 16:42 WIB
Sebelumnya, Ahmad Yani mengatakan bahwa ada upaya dari penyidik Bareskrim Polri untuk melakukan penangkapan terhadap dirinya pada Senin...
Ilustrasi

KPK Eksekusi Penyuap Kepala LP Sukamiskin

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 26 Oktober 2020, 16:34 WIB
Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi Direktur Utama PT Gloria Karsa Abadi, Radian Azhar, yang sudah divonis bersalah...
Antara

Penanganan Covid-19 di Indonesia Semakin Baik

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 26 Oktober 2020, 16:17 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan data terakhir terkait penanganan pandemi covid-19 dalam rapat terbatas yang digelar di Istana Merdeka,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya