Sabtu 19 Oktober 2019, 17:00 WIB

Pilot Uji Coba Boeing Sudah Tahu Masalah 737 Max Sejak 2016

Basuki Eka Purnama | Internasional
Pilot Uji Coba Boeing Sudah Tahu Masalah 737 Max Sejak 2016

AFP/Jason Redmond
Logo Boeing

 

SEORANG pilot yang ambil bagian dalam pemberian sertifikasi untuk Boeing 737 Max pada 2016 mengatakan kepada rekannya bahwa sebuah sistem kendali utama pesawat itu bermasalah saat uji simulator. Hal itu terungkap dalam dokumen yang dirilis, Jumat (18/10).

Karyawan Boeing itu melaporkan gangguan pada Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS), mekanisme pengendalian pesawat yang dipercaya menjadi penyebab dua kecelakaan dua pesawat Boeing 737 Max yang menewaskan 346 orang.

Kepala Pilot Teknis Boeng Mark Forkner mengatakan performa sistem MCAS di tes simulator bermasalah dan dirinya berbohong kepada tim penguji.

Pesan yang telah diketahui Boeng beberapa bulan sebelum perusahaan itu mengungkapkannya kepada Administasi Penerbangan Federal (FAA) memunculkan tanda tanya baru mengenai apakah Boeing mengetahui masalah itu jauh sebelum dua kecelakaan itu.

Baca juga: Pilot Southwest Gugat Boeing Terkait 737 Max

Informasi itu membuat saham Boeing terjun bebas pada Jumat (18/10) setelah pakar penerbangan menyebut hal itu akan menunda diizinkannya 737 Max kembali beroperasi.

Kecelakaan dan sertifikasi FAA untuk 737 Max saat ini tengah diselidiki sejumlah otoritas di Amerika Serikat (AS) termasuk Departemen kehakiman dan Komite Kongres yang telah memanggil Eksekutif Kepala Boeing Dennis Muilenburg.

Dalam kecelakaan yang dialami Lion Air dan Ethiopian Airlines, MCAS menunjukkan pesawat sedang terjun sehingga pilot kehilangan kendali pesawat.

FAA, dalam interaksi dengan Forkner dan petinggi Boeing lainnya, yakin bahwa sistem MCAS hanya bekerja di kasus yang sangat langka sehingga tidak mengancam keamanan pesawat itu.

FAA, kini, mengecam Boeing krena telah mengetahui hal itu selama beberapa bulan lalu namun baru mengungkapkannya pada Kamis (17/10).  (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More