Sabtu 19 Oktober 2019, 08:18 WIB

Kondisi Barcelona Semakin Mencekam

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kondisi Barcelona Semakin Mencekam

AFP/Pau Barrena
Demonstran yang membawa bendera Catalonia terlibat bentrok dengan polisi di Barcelona.

 

KONDISI keamanan di Barcelona semakin memburuk, Jumat (18/10) malam, saat kelompok separatis Catalonia radikal melemparkan batu dan kembang api ke arah polisi yang kemudian menanggapi serangan itu dengan menembakkan gas air mata dan peluru karet.

Hal itu terjadi di hari kelima demonstrasi di ibu kota Catalan itu setelah Mahkamah Agung Spanyol menjatuhkan vonis penjara kepada sembilan pemimpin Catalonia terkait deklarasi kemerdekaan pada dua tahun lalu.

Sekitar setengah juta orang berkumpul di Barcelona pada Jumat (18/10) siang. Itu merupakan jumlah terbanyak sejak keputusan pengadilan pada Senin (14/10) saat kelompok separatis menyerukan mogok massal.

Baca juga: Demonstran dan Polisi Kembali Bentrok di Barcelona

Namun, saat mayoritas demonstrasi berlangsung damai, sekelompok demonstran muda mengamuk di dekat markas besar polisi dengan melakukan aksi bakar-bakar yang menyebabkan asap hitam membumbung. Polisi menembakkan gas air mata untuk membebaskan mereka.

Demonstran juga melakukan aksi bakar-bakar di dekat Plaza de Catalunya. Di lookasi itu, ratusan demonstran berhadapan dengan polisi yang kemudian menembakkan meriam air.

"Cataloni antifasis!" teriak mereka "Jalanan akan selalu menjadi milik kami."

Aksi demonstrasi digelar bersamaan dengan aksi mogok massal yang menyebabkan 57 penerbangan dibatalkan, kantor dan toko ditutup, serta mengganggu transportasi publik. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More