Sabtu 19 Oktober 2019, 01:00 WIB

DPR Rampung Bagi-Bagi Kursi Alat g g Kelengkapan

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
DPR Rampung Bagi-Bagi Kursi Alat g g Kelengkapan

ANTARA
Ketua DPR RI Puan Maharani

 

RAPAT konsultasi antara pimpinan DPR dan sembilan fraksi telah menyepakati formasi alat kelengkapan dewan (AKD). Keputusan itu akan disahkan melalui rapat paripurna yang akan digelar Selasa, (22/10).

"Kami baru selesai melaksanakan Rapat Konsultasi pengganti Badan Musyawah (Bamus) antara pimpinan DPR RI dengan sembilan pimpinan fraksi. Hasilnya insya Allah, Selasa (22/10) akan ditetapkan melalui rapat paripurna," ungkap Ketua DPR RI Puan Maharani seusai melaksanakan rapat konsultasi, di ruang Komisi VII, kompleks parlemen, Jakarta, kemarin.

Menurut Puan, rapat yang berlangsung sekitar tiga jam hingga pukul 18.10 WIB tersebut rampung membahas jumlah dan komposisi anggota dalam AKD, komposisi tiap-tiap fraksi dan jumlah AKD, membahas mekanisme AKD, dan penetapan jadwal rapat-rapat DPR Masa Persidangan I Tahun 2019-2020.

Komposisi dan jumlah pada komisi-komisi ialah antara 48 sampai 56 orang. Kemudian jumlah anggota masing-ma-sing fraksi pada Mahkamah Kehormatan Dewan ialah 17 orang, untuk formasi di Badan Anggaran terdiri dari perwakilan daerah pemilihan, pimpinan fraksi, dan pimpinan komisi.

"Komposisi perwakilan daerah pemilihan ialah 80 sehingga anggotanya sesuai jumlah tersebut, kemudian pimpinan fraksi 9 orang, dan perwakilan komisi ada 11 orang sehingga jumlah seluruhnya 100 anggota," ungkap Puan.

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin tersebut sempat diskors karena membutuhkan lobi-lobi. Selanjutnya, kesepakatan bisa dihasilkan dengan mekanisme musyawarah dalam mencapai mufakat. "Alhamdulillah rapat konsultasi ini selesai dengan cara musyawarah mufakat dan ke depan pun akan menggunakan jalur ini sebelum mekanisme lain (voting)," pungkas Puan.

 

Kursi pimpinan

Berdasarkan hasil rapat konsultasi pengisian AKD, Fraksi PDI Perjuangan mendapatkan empat kursi ketua, Gerindra 2 kursi ketua, Golkar 3 ketua, NasDem 2 ketua, dan PKS 1 ketua di Mahkamah Kehormatan Dewan.

"PPP dapat wakil ketua Komisi II, V, XI, dan Baleg (Badan Legislasi)," terang Sekretaris Jenderal DPP PPP Arsul Sani kepada Media Indonesia, Jumat (18/10).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Fraksi PPP sedianya mendapatkan jatah satu ketua, namun menukarnya dengan kursi dua wakil ketua.

Selanjutnya, PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2019 meraup kursi terbanyak untuk jabatan ketua AKD. Anggota DPR RI Fraksi PDIP Masinton Pasaribu merinci bahwa Fraksi PDIP akan mengisi ketua Komisi III, Komisi IV, Komisi V, dan Ketua Badan Anggaran (Banggar). Selain itu, Fraksi PDIP mengisi tiga belas posisi wakil Ketua.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan sesuai hasil rapat konsultasi, Fraksi Partai Gerindra mendapatkan sembilan kursi pimpinan di AKD.

"Menurut Wakil Ketua DPR RI Bang Sufmi Dasco Ahmad kepada saya, kami (Fraksi Partai Gerindra) mendapatkan dua ketua dan tujuh wakil ketua AKD," jelasnya.

Adapun Fraksi Partai NasDem, menurut anggota DPR Fraksi NasDem Saan Mustofa, mendapatkan dua kursi ketua dan delapan wakil ketua AKD. Posisi ketua didapat pada Komisi VII dan Komisi IX.

"Masih finalisasi," ujar Saan kepada Media Indonesia, melalui pesan singkat kemarin. (P-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More