Sabtu 19 Oktober 2019, 04:00 WIB

ISE 2019 Pamerkan Inovasi Kekinian

(Ind/H-2) | Humaniora
ISE 2019 Pamerkan Inovasi Kekinian

MI/ANDRI WIDIYANTO
HIGHLIGHT PROGRAM INDONESIA SCIENCE EXPO (ISE) 2019: Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko (tengah

 

SEJUMLAH riset dari berbagai lembaga penelitian dan pengembangan, industri, dan perguruan tinggi hingga karya ilmiah siswa akan dipamerkan dalam Indonesia Science Expo (ISE) 2019 di ICE BSD, Serpong, Tangerang pada 23-26 Oktober 2019. Kegiatan tahunan yang dibuka mulai pukul 09.00-17.00 WIB ini bertujuan untuk mendekatkan sains kepada masyarakat.

"Penyelenggaraan ISE secara rutin diharapkan menjadi momentum komunikasi publik atas proses dan hasil yang telah dicapai para peneliti Indonesia dalam berbagai bidang riset serta manfaatnya bagi masyarakat luas," sebut Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko, dalam acara temu media mengenai ISE di Gedung LIPI, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, pada ISE 2019 LIPI akan menampilkan riset dan inovasi bertema keanekaragaman hayati yang menjadi kekuatan Indonesia dalam penelitian agar dapat bisa bersaing dengan negara lain. Salah satu yang dipamerkan LIPI, antara lain spesies baru yang ditemukan, yakni katak tanduk kalimantan.

Beragam ajang edukasi ilmiah untuk publik bisa ditemui di sana, seperti science movie, science show, science game, dan science art. Laksono pun berharap akan banyak sekolah yang mengajak siswanya hadir. "Ini bisa menjadi pembelajaran di luar kelas bagi para siswa. Mereka juga bisa mencoba hal baru melihat inovasi yang dipamerkan," ucapnya.

Sekretaris Utama LIPI Nur Tri Aries Suestiningtyas menerangkan pada pelenyelenggaraan ISE 2019, akan ada 10 konferensi ilmiah internasional yang digelar bersamaan.

Selain itu, pameran ilmiah remaja dan anak berskala international juga menjadi bagian acara ISE 2019. Indonesia akan menjadi tuan rumah International Exhibition for Young Inventors (IEYI). Para partisipan akan memamerkan 150 proyek penelitian dari sejumlah negara,

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono mengungkapkan, National Young Inventors Award, Lomba Karya Ilmiah Remaja, dan LIPI Young Scientist Award akan menjadi agenda utama ISE 2019. "Kami menargetkan 80.000 pengunjung datang. Mereka dapat hadir tanpa dipungut biaya." (Ind/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More