Jumat 18 Oktober 2019, 19:45 WIB

Menteri-Menteri Jokowi, Ada yang Berkemas, Ada yang Bertahan

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Menteri-Menteri Jokowi, Ada yang Berkemas, Ada yang Bertahan

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
PERPISAHAN KABINET KERJA

 

PRESIDEN Joko Widodo akan segera mengumumkan nama-nama menteri di periode keduanya. Ada menteri lama, banyak juga wajah-wajah baru yang akan mengisi Kabinet Kerja jilid II.

Sejumlah menteri mengaku telah berkemas dari rumah dinasnya. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri salah satunya. Ia mengaku sudah lama berkemas barang-barang miliknya dari rumah dinas di Widya Chandra, Jakarta.

"Hari ini mungkin masih ada tertinggal satu dua buku," kata Hanif di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu enggan menjelaskan apakah sudah ada tawaran dari Jokowi untuk mengisi kabinet di periode kedua.

Hal yang sama dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Meski tidak ada perintah untuk membawa perlengkapan pribadi keluar dari rumah dinas, tetapi sejak sebulan lalu sudah dipindahkan beberapa barang.

"Tapi saya kemas-kemas barang sendiri dari rumah dinas dari sebulan lalu," kata Budi yang mengaku belum ada pembicaraan terkait jabatan menteri di periode kedua Jokowi.


Baca juga: Kapolri Tito Puji Sosok Jusuf Kalla


Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku belum berkemas dan masih tinggal di kediaman dinasnya.

"Begitu diputuskan suruh berkemas, saya berkemas," kata Basuki.

Saat ditanya apa akan kembali menjadi menteri, dia mengaku siap apabila ditunjuk kembali.

"Kalau itu perintah, saya laksanakan," kata Menteri Basuki.

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, saat ditanya mengenai kemungkinan dirinya masuk lagi di kabinet, ia hanya melemparkan senyum ke wartawan.

"Terima kasih ya," katanya singkat.

Nama Basuki dan Sri Mulyani santer dibicarakan akan kembali menjadi menteri di Kabinet periode kedua Jokowi. Presiden mengaku akan segera mengumumkan nama-nama kabinet saat pelantikan pada 20 Oktober 2019 atau pun di hari setelah hari pelantikan. (OL-1)

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Kepmendagri tidak Larang Ojek Beroperasia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 31 Mei 2020, 20:35 WIB
Plt Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori menjelaskan, dalam Kepmendagri, sama sekali Mendagri Tito Karnavian tidak melarang ojek...
MI/ARYA MANGGALA

NasDem : Penggantian PSN Perlu Pertimbangan Sistem Pertahanan

👤Teguh Nirwahyudi 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:54 WIB
KEMENTERIAN Koordinator Perekonomian mengusulkan penggantian Proyek pesawat R80 dan N245 menjadi proyek drone dalam usulan Proyek Strategis...
MI/Susanto

Ketua Komisi I Desak Pemerintah Lindungi WNI di AS

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:33 WIB
Dia meminta perwakilan pemerintah RI di AS untuk menghubungi WNI yang ada di sana secara acak untuk memastikan kondisi keamanan mereka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya