Jumat 18 Oktober 2019, 19:50 WIB

Bakamla Resmikan 3 Kapal Patroli Karya Anak Bangsa

Golda Eksa | Nusantara
Bakamla Resmikan 3 Kapal Patroli Karya Anak Bangsa

Dok Humas Bakamla RI
Kepala Bakamla RI Laksamana Madya melakukan salam komando seusai meresmikan 3 kapal patroli karya anak bangsa.

 

KEPALA Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya Achmad Taufiqoerrochman meresmikan 3 unit Kapal Negara (KN). Upacara peresmian digelar di Galangan PT Citra Shipyard, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (18/10).

Dalam keterangan tertulisnya, Taufiqoerrochman mengatakan bahwa ketiga armada baru karya anak bangsa itu selanjutnya difungsikan sebagai kapal patroli untuk memperkuat jajaran Bakamla.

Baca juga: Kapal Selam Hantu untuk Indonesia

Selanjutnya, ketiga kapal itu diberi nama KN Pulau Nipah-321, KN Pulau Marore-322, dan KN Pulau Dana-323. Ketiga armada tersebut memiliki panjang 80 meter, lebar 7,9 meter, dan tinggi 14,4 meter. Kapal juga mampu melaju dengan kecepatan maksimal 22 knot dan memiliki 2 unit mesin penggerak jenis MAN/2862LE433.

"Kapal ini sebagai pendukung Bakamla RI untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan unsur operasional dalam mengemban tugas patroli di laut. Diharapkan keberadaannya dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujar Taufiq.

Mantan Wakil Kepala Staf TNI AL itu menambahkan kapal dengan konstruksi baja milik Bakamla RI digarap sejak 3 Oktober 2017. Armada itu merupakan tipe kapal patroli yang proses pengerjaannya dilakukan di Indonesia.

"Seluruh tahapan pembangunan kapal mulai perencanaan desain hingga konstruksi fisik dan instalasi sistem murni dilaksanakan oleh tenaga ahli putra-putri bangsa, dengan pengawasan penuh oleh satgas pembangunan kapal Bakamla RI," kata dia.

Ketiga kapal itu juga telah melalui seluruh tahapan selama proses pembuatan di galangan, seperti pembangunan, launching pengapungan di air, hingga tahap pengujian yang meliputi kelaikan pabrik, kelaikan dermaga, dan kelaikan laut. Walhasil, kapal tersebut dinyatakan memenuhi persyaratan dan kemudian diserahterimakan kepada Bakamla.

KN Pulau Nipah-321 nantinya dioperasikan di zona Batam, wilayah yang berada di perbatasan antara Indonesia dan Singapura. Sementara KN Pulau Marore-322 ditugaskan untuk memperkuat jajaran zona tengah di Manado, lokasi yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Filipina.

Adapun KN Pulau Dana-323 ditugaskan untuk memperkuat jajaran zona timur dan berkedudukan di Ambon. Pulau Dana, Pamana atau Dana, Dona dan Ndana adalah sebuah pulau terluar Indonesia yang terletak di sebelah barat daya Pulau Rote dan berbatasan dengan Australia.

Selain meresmikan ketiga kapal tersebut, Taufiq juga memimpin upacara pengukuhan komandan masing-masing KN. Letkol Bakamla Andris Benhard dikukuhkan sebagai Komandan KN Pulau Nipah 321, Letkol Bakamla Raden Haryo Wiji sebagai Komandan KN Pulau Marore 322, dan Letkol Bakamla Hananto Widhi mengemban Komandan KN Pulau Dana 323. (Gol/A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More