Jumat 18 Oktober 2019, 18:35 WIB

Banding Diterima, Tiga Caketum PSSI Dinyatakan Lolos

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Banding Diterima, Tiga Caketum PSSI Dinyatakan Lolos

wikipedia
PSSI

 

SETELAH melalui proses banding di Komite Banding Pemilihan (KBP), 3 calon Ketua Umum PSSI yang sebelumnya dinyatakan tidak lolos oleh Komite Pemilihan (KP) akhirnya masuk dalam daftar calon tetap Ketua Umum PSSI 2019-2023.

Adapun tiga nama yang diterima bandingnya, yakni Yesayas Oktavianus, Sarman, dan Arif Putra Wicaksono.

Ketua KBP, Erwin Tobing, mengatakan, pihaknya melakukan penelitian lebih lanjut soal syarat administrasi yang sebelumnya menjadi faktor tidak lolosnya ketiga nama itu.

Ketiga calon itu, kata dia, terhalang oleh statuta PSSI yang menyatakan calon ketua umum berkecimpung di sepak bola minimal lima tahun yang diakui oleh PSSI.

"Semuanya masalah administrasi, kami minta surat asli, surat dari asprov PSSI yang terkait. Sehingga, kami dapat mengetahui dan mengakumulasikan ketiga nama ini telah berkecimpung minimal lima tahun di koridor PSSI," kata Erwin, ketika konferensi pers di Sekretariat PSSI, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10).


Baca juga: PSSI Terapkan Formula Jaga Prestasi Calon Bintang Muda Garuda


Dengan demikian, ada 11 daftar calon tetap Ketum PSSI, yakni Arif Putra Wicaksono, Aven S Hinelo, Benhard Limbong, Benny Erwin, Fary Djemy Francis, La Nyalla Mattalitti, Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah, Sarman, Vijaya Fitriyasa, dan Yesayas Oktavianus.

Selain meloloskan banding 3 calon ketua umum, KBP juga mengabulkan upaya banding Bustami Zainudin yang maju sebagai calon anggota komite eksekutif (exco).

Sementara itu ada banding yang ditolak KBP, yakni Doni Setiabudi yang maju berebut posisi wakil ketua umum.

"Setelah kami teliti aktivitasnya di sepak bola belum sampai lima tahun seperti yang diakui PSSI," kata Erwin.

Dengan demikian, Erwin mengatakan pihaknya telah merampungkan para calon ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif. Nama-nama tersebut sifatnya final dan mengikat.

Selanjutnya, Komite Pemilihan akan meminta para kandidat untuk melakukan sosialisasi kepada para voters dan sudah menjadwalkan acara debat untuk calon ketua umum pada 31 Oktober. Debat calon ketum PSSI itu digelar di depan 86 voters (pemilik hak suara), calon waketum, dan calon anggota komite eksekutif. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More