Jumat 18 Oktober 2019, 17:16 WIB

Kapolri Tito Puji Sosok Jusuf Kalla

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Kapolri Tito Puji Sosok Jusuf Kalla

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Wapres Jusuf Kalla (tengah) menerima cenderamata dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan) disaksikan Menpan RB Syafruddin (kiri)

 

TRADISI pengantar purnatugas merupakan wujud penghargaan dan ungkapan rasa hormat yang tulus dari segenap Keluarga Besar Polri kepada Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke-12 atas pengabdiannya sejak mengawali jabatannya 20 Oktober 2014 hingga masa purnatugas.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan momen ini merupakan persembahan tertinggi yang diberikan Polri sebagai wujud rasa terima kasih dan kebanggaan tulus atas kontribusi dan perhatian besar yang telah dicurahkan demi kemajuan dan kejayaan Polri.

"Bapak adalah role model bagi saya pribadi. Bagi saya pribadi, bapak adalah legenda yang sekarang masih eksis di Indonesia ini," kata Tito dalam sambutannya di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (18/10).

Tito menjelaskan sebagai figur teladan dan panutan tentunya dibutuhkan waktu lama untuk mencari sosok pengganti JK yang sukses di berbagai bidang. Bahkan jejak kariernya sebagai pengusaha juga cukup mentereng di Tanah Air.

"Beliau adalah kombinasi politisi yang sangat matang, pernah jadi kabulog, menko dan yang fenomenal, satu-satunya yang pernah menjabat wapres dua kali dalam sejarah Indonesia. Itu tidak gampang," sebutnya.

Baca juga: Tenggat Habis, Jokowi akan Tagih Tito Soal Kasus Novel

Di era demokrasi ini, kepemimpinan JK dan terpilih kedua kalinya menjadi wakil presiden tentu menjadi bagian dari pengakuan publik terhadap sosok Jusuf Kalla. Apalagi JK juga diketahui aktif di dunia kemanusiaan dan sosial sebagai ketua umum PMI Indonesia.

"Beliau juga aktif sebagai ketua dewan masjid, beliau bisa diterima di kalangan tokoh-tokoh Muhammadiyah, NU, bahkan diterima diberbagai kalangan," lanjutnya.

Tito menambahkan apa yang dilakukan Jusuf Kalla itu merupakan salah satu hal luar biasa yang dimiliki tokoh dengan pengalaman bertahun-tahun.

"Saya melihat, itu menunjukkan knowledge yang luar biasa kaya. Pengalaman Bapak bertahun-tahun dari berbagai profesi," ungkapnya.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo juga pasti sangat berterima kasih kepada Jusuf Kalla karena selalu memberi solusi yang menyegarkan dan rasional.

"Kami melihat, Bapak adalah pemimpin konseptual. Strong leader, kita perlu belajar banyak dari beliau," imbuhnya.

Sementara itu, Jusuf Kalla menyampaikan terima kasih kepada pihak Polri yang telah memberikan apresiasi dan penghormatan atas dedikasinya sebagai wakil presiden.

"Kehormatan bagi saya dapat hadir dan mendapat apresiasi dari Polri. Kita semua mempunyai tujuan yang sama. Seperti saya gambarkan tadi, tidak ada negara maju tanpa keamanan dan ketertiban. Saya berterima kasih pada jajaran kepolisian telah menjaga keamanan dengan baik," kata JK.

Kepolisian Republik Indonesia diwakili Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Menteri Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi, Birokrasi Syafruddin memberikan kenang-kenangan berupa lukisan dan sebuah pedang pati. JK kemudian diminta juga untuk menuliskan kesan dan pesannya untuk Polri.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More