Jumat 18 Oktober 2019, 14:34 WIB

Moeldoko Pamit

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Moeldoko Pamit

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Kepala Staf Presiden Moeldoko

 

JENDERAL TNI (Purn) Moeldoko izin pamit dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP). Hari ini, Jumat (18/10), merupakan hari terakhir bertugas.

Sabtu (19/10), KSP resmi dibubarkan seiring dengan akan berakhirnya pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. KSP dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2015 tentang Kantor Staf Presiden. Dalam Pasal 16 disebutkan masa jabatan Kepala Staf Kepresidenan paling lama sama dengan masa bakti Presiden.

“Saya mau liburan, pulang kampung," kata Moeldoko di Kantor KSP Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10).

Moeldoko juga mengaku belum berbicara dengan Presiden Joko Widodo terkait apakahakan mendapat tugas baru dalam kabinet selanjutnya.

"Saya belum dipanggil untuk soal-soal itu (tawaran menteri)," imbuhnya.

Sejak menjabat Kepala KSP menggantikan Teten Masduki pada Januari 2018, Moeldoko mempunyai kesan yang tidak bisa ia lupakan.

Baca juga: Menristekdikti Pamit Jelang Pergantian Kabinet

Mantan panglima TNI tersebut mengaku saat awal menjabat sebagai KSP, sempat kagok menghadapi wartawan yang menanyakan begitu banyak hal baik soal politik, keamanan hingga ekonomi.

Untuk memahami persoalan negara dari sudut pandang KSP, lanjut dia, kompleksitasnya luar biasa.

"Tapi alhamdulilah berkat pertanyaan wartawan hal itu juga membuat saya belajar, membuat saya memahami pertanyaan-pertanyaan," tuturnya.

Moeldoko mengaku belajar banyak dari gaya kepemimpinan Jokowi, salah satunya pendekatan kepada masyarakat. Ia mengaku terinspirasi.

“Bagaimana pendekatan dengan masyarakat, gaya beliau mendengarkan aspirasi, gaya beliau menjawab semua pertanyaan dan ini memberikan suasana baru apalagi harus membuat keputusan banyak sekali," jelasnya.

Salah satu pengalaman berkesan Moeldoko adalah rambutnya dipotong saat umrah dengan Presiden Jokowi pada April 2019.

“Saya tidak membayangkan saya bisa bercanda-canda dengan Pak Jokowi dalam pekerjaan dan selama di sana rambut saya digunting, itu kejutan luar biasa bagi saya yang terindah sepanjang saya bekerja di sini," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More