Sabtu 12 Oktober 2019, 13:45 WIB

Aktor Hamsih Daud Ajak Jaga Kelestarian Satwa Laut Indonesia

mediaindonesia.com | Humaniora
Aktor Hamsih Daud Ajak Jaga Kelestarian Satwa Laut Indonesia

Istimewa
Aktor Hamish Daud turut memperingati Hari Binatang Dunia dengan mengajak melindungi satwa laut Indonesia.

 

DALAM rangka memperingati Hari Binatang Dunia yang jatih setiap 4 Oktober, masyarakat Indonesia diajak untuk menjaga kelestarian satwa laut dari ancaman kepunahan dalam bentuk edukasi.   

Edukasi yang diwujudkan melalui kegiatan eksplorasi dan kolaborasi seni digital yang digelar Sorak Gemilang Entertainment (SGE Live) dan Yayasan Indonesia Ocean Pride (IOP) di teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives, Mall Gandaria City, Kebayoran Baru, Jakarta, selama sebulan pada 11 Oktober-11 November 2019.   

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan penggalangan dana yang disumbangkan kepada Yayasan IOP. Sumbangan digalang dengan menjual gambar ikan laut karya aktor Hamish Daud yang dijuga pendiri Yayasan IOP yang bergerak menjaga kelestarian dan melindungi satwa laut di Indonesia.

Pada acara yang berlangsung Jumat (11/10), Hamish Daud mengatakan keberadaab satwa laut sedang terancam dengan maraknya pembuangan limbah plastik, perburuan dan penangkapan ikan yang merusak habitat ikan, perdagangan satwa laut ilegal serta eksploitasi yang merusak habitat laut.

“Padahal binatang laut memiliki peran signifikan dalam menjaga keutuhan dan kelestarian ekosistem laut. Jika binatang laut terancam, maka kesehatan laut juga turut terancam,” kata Hamish. “Hal ini tentunya berdampak langsung pada sektor ekonomi bangsa, seperti perikanan dan pariwisata.”

Kami dari IOP berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Indonesia dapat lebih menghargai laut Indonesia dan segala makhluk hidup di dalamnya," kata suami penyanyi Raisa yang juga dikenal sebagai presenter dan aktor itu.

Sementara itu, Mervi Sumali, Chief Executive Officer (CEO) SGE Live menjelaskan, peduli dengan keadaan laut Indonesia saat ini, SGE Live dan IOP berinisiatif untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai aneka binatang laut.

Di dalam teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives, pengunjung dapat belajar mengenai beberapa ikan laut yang terancam punah seperti, hiu martil (hammerhead shark), tuna sirip biru (bluefin tuna), humphead parrotfish, dan pari manta (manta ray).

"Kami juga mengajak pengunjung untuk berpartisipasi menjaga lautan melalui hal-hal sederhana, seperti mengurangi limbah plastik serta membuang sampah pada tempatnya agar tidak mencemari lautan," kata Mervi.

"Salah satu instalasi yang terdapat di dalamnya adalah Sketch Aquarium, yang memungkinkan pengunjung untuk mewarnai binatang laut sesuai imajinasi," katanya. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More