Jumat 18 Oktober 2019, 12:00 WIB

FIFA Gaungkan Perang Melawan Rasisme

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
FIFA Gaungkan Perang Melawan Rasisme

AFP/Munir UZ ZAMAN
Presiden FIFA Gianni Infantino

 

RASISME tidak memiliki tempat di dalam stadion sepak bola. Hal itu ditegaskan Presiden FIFA Gianni Infantino, Kamis (17/10), sembari mendesak perlunya adanya skorsing yang berlaku global untuk penonton yang melecehkan pemain berkulit hitam.

Berbicara beberapa hari setelah laga kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Inggris melawan Bulgaria harus dihentikan dua kali karena adanya yel-yel rasisme yang dialamatkan kepada para pemain Inggris, Infantino mendesak FIFA untuk menghukum pelaku rasisme.

"Jika ada perilaku rasisme terhadap pesepak bola, kita harus menghentikan pertandingan," tegasnya dalam konferensi pers di Dhaka.

Baca juga: Pelatih Bulgaria Mengaku tidak Dengar Yel Rasis, Henderson Marah

"Kita tidak boleh membiarkan rasisme menang. Sepak bola harus berlanjut dan kita harus menghukum para pelaku rasisme," imbuhnya.

Infantino menambahkan, kini, mudah mengidentifikasi pelaku rasisme di stadion modern yang dilengkapi CCTV. Karenanya, FIFA harus mengirimkan pesan tegas,

"Mereka harus ditangkap dan diusir dari stadion. Mereka tidak boleh diizinkan masuk ke dalam stadion lagi. Mereka juga harus diganjar dakwaaan hukum," seru Infantino.

"Apa yang mereka lakukan adalah kejahatan. Itu harus dianggap sebagai kejahatan di seluruh dunia," tambahnya. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More