Jumat 18 Oktober 2019, 09:40 WIB

Tokoh Bangsa Hadiri Pelantikan Presiden-Wapres

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Tokoh Bangsa Hadiri Pelantikan Presiden-Wapres

Dok. BTN
Wakil Presiden Jusuf Kalla.

 

PIMPINAN MPR kembali melanjutkan safarinya mengantarkan undangan acara pelantikan presiden dan wakil presiden secara langsung kepada para tokoh bangsa. Kali ini giliran Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mendapat kunjungan dari sembilan pimpinan MPR.

Pertemuan berlangsung di rumah dinas wakil presiden di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, kemarin. Pertemuan berlangsung hangat diselingi dengan agenda sarapan bersama masakan Indonesia, seperti lontong sayur hingga nasi dan ayam goreng.

Dalam kesempatan tersebut, secara khusus pimpinan MPR juga menyampaikan terima kasih atas berbagai jasa pengabdian JK selama mendampingi Jokowi di periode 2014-2019 maupun sebagai pendamping Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009. Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan JK bersedia menghadiri undangan pelantikan.

"Pak JK menyatakan akan hadir di acara pelantikan untuk menyaksikan KH Ma'ruf Amin yang menggantikan dirinya sebagai wakil presiden melanjutkan tongkat estafet mendampingi Presiden Joko Widodo selama 2019-2024," ungkap Bamsoet.

Adapun kedelapan pimpinan MPR lain yang turut hadir mendampingi Bamsoet, yaitu Fadel Muhammad (DPD), Ahmad Basarah (PDIP), Ahmad Muzani (Gerindra), Jazilul Fawaid (PKB), Lestari Moerdijat (NasDem), Syarief Hasan (Partai Demokrat), Zulkifli Hasan (PAN), dan Arsul Sani (PPP).

Bamsoet menjelaskan, sebagai tokoh yang dua kali menjadi wakil presiden, JK memiliki banyak pengalaman yang bisa dijadikan pelajaran dalam membenahi kehidupan kebangsaan dan ketatanegaraan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, seusai purna pengabdian sebagai wakil presiden 2014-2019, dikatakan Bamsoet, MPR akan tetap berkonsultasi dengan JK untuk menyerap berbagai ilmu dan pemikirannya.

 

Terima kasih

JK mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para pimpinan MPR yang sudah menyediakan waktu secara khusus untuk mengantarkan undangan acara pelantikan presiden dan wakil presiden kepada dirinya secara langsung. JK menyatakan akan hadir untuk melihat proses pelantikan pengganti dirinya sebagai pendamping Jokowi.

"Bagi saya, acara ini juga penting karena di samping menyaksikan pelantikan presiden dan wapres yang baru, saya juga tentu mengucapkan terima kasih atas kerja sama selama 5 tahun terakhir," ujarnya.

Tak hanya bertandang ke rumah JK, sehari sebelumnya pimpinan MPR juga sempat menyambangi kediaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Jawa Barat, Rabu (16/10) malam. Tujuannya sama, yakni menyampaikan undangan resmi pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10) .

"Pak SBY menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden sekaligus ingin memberikan pesan kepada seluruh dunia bahwa suhu politik Indonesia sangat kondusif," kata Bamsoet. (P-1)

Baca Juga

Ist/DPR

Habib Aboebakar Sayangkan Dua Kado Pahit di Hari Lahir Pancasila

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 09:52 WIB
TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 memiliki makna fundamental terhadap RUU HIP, namun anehnya malah tidak dijadikan sebagai salah satu...
FB Muhammadiyah

Dinilai Menghina Din Syamsudin, Muhammadiyah Somasi Ade Armando

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 02 Juni 2020, 09:48 WIB
Postingan Ade mengandung unsur fitnah dan pencemaran baik yang sangat menyakitkan bagi warga Muhammadiyah dan secara pribadi bagi Din...
MI/SUSANTO

​​​​​​​Ade Armando: Isu Pemakzulan digulirkan Muhammadiyah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 02 Juni 2020, 09:34 WIB
Hal tersebut disampaikan Ade mengomentari sebuah fliyer pemberitahuan diskusi virtual bertajuk 'Menyoal Kebebasan Berpendapat' dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya