Jumat 18 Oktober 2019, 05:00 WIB

Kesadaran Lingkungan dari IDEFF

Fathurrozak | Weekend
Kesadaran Lingkungan dari IDEFF

MI/Fathurrozak
Indonesia Eco Film Festival (IDEFF) menghadirkan festival film bertemakan lingkungan.

Kepedulian lingkungan melalui festival kembali dihadirkan. Sejak Jumat (11/10) hingga Sabtu (20/10), Indonesia Eco Film Festival (IDEFF) menghadirkan Livelife, festival film bertemakan isu lingkungan menghadirkan wahana edukasi bagi publik untuk lebih sadar dan memiliki kemauan untuk bertindak lebih baik dan mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar. Total, ada 13 film yang ditayangkan dan semuanya merupakan dokumenter.

Salah satu yang ditayangkan, ialah film berjudul The Days & The Year asal Austria. Film dokumenter yang mengangkat industri peternakan di Austria. Menurut penuturan perwakilan Kedutaan Besar Austria di Indonesia, Fildzah Arifin, Austria memang dikenal sebagai salah satunya negara yang memiliki banyak industri peternakan berskala kecil.  

"Karena di Austria negaranya bentuknya lanskap, banyak ladang, gunung, dan punya banyak industri kecil. Jadi para peternak memproduksi, menjual sendiri, sehingga banyak ditemukan farming dengan lahan dalam ukuran kecil," ungkapnya saat konferensi pers di GoFood Festival, Setiabudi One, Jakarta Selatan, Kamis (17/10).

Direktur festival IDEFF Michael Arief Gunawan menuturkan, beberapa negara yang diajak bekerja sama dalam festival ini. Di antaranya Austria dan Finlandia.

"Hubungannya yang memang punya kedekatan dengan kita. Seperti film dengan isu sustainable fashion. Seperti film The Days & The Year. Bagaiamana kita menghadirkan film yang menyoroti peternakan dan bisa memberikan wawasan. Kemudian juga setelah menonton, orang yang datang bisa terinspirasi untuk melakukan beberapa perubahan. Oleh karena itu di setiap pemutaran, kita selalu hadirkan narsum yang ahli di bidangnya sesuai tema film, agar tercipta ruang diskusi. Penonton tidak harus setuju juga dengan paparannya, jadi diskusi bisa melihat topik dari berbagai macam sudut."

GoFood Festival sebagai salah satu mitra tempat penyelenggaraan IDEFF juga menyatakan komitmen mereka dalam mengupayakan model bisnis yang lebih ramah lingkungan. Seperti diungkapkan VP Corporate Food Ecosystem Gojek Rosel Lavina, mendistribusikan wadah yang bisa dipakai berulang kali oleh para mitra pengemudi mereka untuk mengantar pesanan makanan.

"Kami memiliki kampanye Gogreener sejak Agustus lalu. Salah satunya berdampak pada pengurangan pembelian makanan plastik sekali pakai di empat kota besar Indonesia, Jabodetabek, Bandung, Denpasar, dan Surabaya. Ini menekan angka penggunaan kemasan plastik sekali pakai hingga 98%."

Kedepannya, Rosel juga menyatakan tengah menggarap kampanye yang lebih menyeluruh untuk memberi edukasi bagi para mitra pengemudi, mitra toko untuk lebih peka terhadap model bisnis yang ramah lingkungan dengan mengajak beberapa lembaga nirlaba. (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More