Jumat 18 Oktober 2019, 10:30 WIB

Bali Masuk 30 Pulau Terbaik Dunia

Bagus Pradana | Weekend
Bali Masuk 30 Pulau Terbaik Dunia

Dok.Mi/rommy Pujianto
Bali masuk menjadi 30 pulau terbaik dunia.

EKSOTISME Pulau Dewata ternyata meninggalkan kesan mendalam bagi pengunjungnya. Tidak tertinggal bagi pembaca Condé Nast Traveler.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 600ribu pembaca mereka, majalah berita wisata yang berbasis di London ini membagi survei tahuan mereka berdasarkan wilayah. Mereka membagi 30 pulau terbaik versi pilihan pembaca itu menjadi Asia, Australia dan Pasifik Selatan, Karibia dan Atlantik, Eropa, Amerika utara, dan terbaik dunia.

Untuk wilayah Asia, Bali, salah satu pulau yang menjadi trademark pariwisata dari Indonesia pun termasuk dalam rekomendasi yang diberikan oleh Condé Nast Traveler kepada para turis mancanegara. Berikut kami sajikan 5 pilihan pulau terbaik pilihan pembaca di Asia:

5. Bali, Indonesia
Tidak ada tempat seperti Bali. Pulau ini menjadi tempat di mana Anda bisa merasa segar dalam hidup Anda, sembari menikmati panorama pantai dengan kaki telanjang di pasir.

Bukan pemandangan yang aneh ketika anda menyaksikan satu keluarga bepergian membawa seluruh anggota keluarganya dengan mengendarai sepeda motor. Atau saat berkunjung ke objek wisata dan ada monyet yang mengambil kacamata anda. Atau berkunjung ke desa-desa kecil yang masih di kelilingi sawah dan mendengarkan bunyi khas ensembel musik gamelan yang selalu dibunyikan setiap saat.

Kiat: Hindari Denpasar dan Kuta, kunjungi Ubud yang kaya budaya sebagai titik awal untuk menjelajah lebih jauh. Lanjutkan perjalanan ke Sidemen, Kawasan yang penuh dengan ladang padi itu sangat cocok untuk swafoto, atau pergi lebih jauh lagi ke desa Munduk di pegunungan.

Cara ke sana: Banyak maskapai penerbangan internasional dengan tujuan Bali dari Singapura, Kuala Lumpur, atau Hong Kong.

4. Palawan, Filipina

Palawan adalah pulau yang akan membuat Anda berdecak kagum, sungai bawah tanah Puerto Princesa yang berada di Palawan adalah Situs Warisan Dunia UNESCO layak dikunjungi. El Nido, sangkar gunung yang membentengi laguna biru di Kepulauan Bacuit menjadi daya tarik wisata itu sendiri, untuk menjelajahi Palawan.

Kiat: Kunjungi Puerto Princesa, salah satu sungai bawah tanah terpanjang di dunia, Anda akan disuguhi perjalanan lima mil menyusuri gua bawah tanahnya. Anda dapat menyewa tur perahu berpemandu guna menyusuri sebagian jalur air yang mengarah ke berbagai arah.

Cara ke sana: Dari Manila, penerbangan satu jam menuju bandara utama Palawan, tambah  15 menit untuk ke Puerto Princesa. Di sana ada kapal feri untuk melakukan perjalanan antara Manila dan pulau bergantian, yang beroperasi beberapa hari dalam seminggu.

3. Penang, Malaysia

Pulau Penang adalah bekas pusat perdagangan di Malaysia, sebagai melting pot kota ini telah mendapat pengaruh berbagai budaya. George Town, ibukota pulau itu, adalah saksi asismilasi budaya. Kota ini dipenuhi arsitektur kolonial dan Tiongkok, serta deretan ruko yang ada di sana sangat sempurna untuk Foto Instagram.

Kiat: Penang terkenal sebagai salah satu kota terbaik di dunia untuk kulinernya. Gurney Drive Hawker Centre menjadi pusat kuliner terbesar di George Town.

Cara ke sana: Bandara Internasional Penang merupakan persinggahan penerbangan bila Anda dari kota-kota lain di Malaysia. Pulau Penang ini juga dapat diakses dari jalur darat melalui Penang Second Bridge, jembatan terpanjang di Asia Tenggara yang mengarah ke pulau itu.

2. Pulau Cebu dan Kepulauan Visayan, Filipina

Terletak di pusat Filipina, Pulau Cebu menarik perhatian hampir 2 juta wisatawan setiap tahunnya. Berjemur dan menyelam di pantai utara pulau itu memberi pengalaman yang menarik. Pengaruh budaya Spanyol dan Katolik Roma terasa di kawasan ini seperti ada patung kecil Kristus di Basilika Minore del Santo Nino.

Kiat: Air Terjun Kawasan dan tiga air terjun lain di dekat pantai barat Pulau Cebu menjadi destinasi populer di kalangan turis lokal maupun mancanegara, namun hindari berkunjung di akhir pekan.

Cara ke sana: Penerbangan harian tersedia dari Manila menuju Bandara Internasional Mactan, Cebu. Hanya dalam jangka waktu 90 menit, pengalaman terbang yang didapat akan mengalahkan perjalanan dengan kapal feri selama 22 jam.

1. Pulau Boracay, Filipina

Pulau kecil (luasnya sekitar empat mil persegi) di Filipina Barat ini memiliki keindahan alam tropis seperti yang Anda imajinasikan. Garis pantai yang lembut dan panorama khas ketika matahari terbenam akan membuat Anda betah berlama-lama di sana. Tak ketinggalan pemandangan kehidupan malam yang ditawarkan pulau itu, akan memanjakan mata Anda.

Sayangnya, terlalu banyak turis yang berkunjung ke pulau ini —pada  2018, pulau direhabilitasi dan mulai ada pembatasan waktu kunjungan karena masalah sampah. Pulau Boracay dibuka kembali untuk pengunjung pada musim gugur lalu.

Kiat: Pantai berpasir putih adalah daya tarik utama Pulau Boracay, dengan pasir putih halus dan air biru dangkal yang membuat pulau ini ideal untuk olahraga berenang dan snorkeling.

Cara ke sana: Anda dapat Terbang dari Manila ke Boracay (Caticlan) dari sana kapal akan menjemput penumpang menuju pantai pasir putih. (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More