Kamis 17 Oktober 2019, 17:54 WIB

Indonesia Gandeng Eurasia untuk Kerja Sama Ekonomi

Hilda Julaika | Ekonomi
Indonesia Gandeng Eurasia untuk Kerja Sama Ekonomi

MI/HILDA JULAIKA
Penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) antara Indonesia dengan Eurasian Economic Commision (EEC), di Trade Expo Indonesia, Kamis.

 

INDONESIA baru saja menandatangani memorandum kerja sama (Memorandum of Cooperation/MoC) dengan Eurasian Economic Commision (EEC) di ICE BSD, Tanggerang, kamis, (17/10). 

Menteri Perdagangan (Mendag) Indonesia, Enggartiasto Lukita bertemu dengan Anggota Dewan Menteri untuk Integrasi Ekonomi dan Makroekonomi Eurasian Economic Commision (EEC) Eurasian Economic Union (EAEU) Sergey Glasyev. Pertemuan bilateral ini membahas perdagangan dan investasi dalam rangka peningkatan kerja sama ekonomi Indonesia dengan negara anggota EEC.

“Pertemuan ini merupakan implementasi dari visi Presiden Joko Widodo dalam meningkatan ekspor, yaitu dengan membuka pasar baru bagi produk Indonesia, dan EAEU adalah pasar nontradisional,” ujar Enggartiasto.

MOC ini akan menstimulus landasan bagi kedua pihak untuk memulai kerja sama teknis di berbagai bidang. Di antaranya, pertukaran informasi dan pengalaman, studi bersama dan mendorong interaksi bisnis. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perdagangan dan investasi.

Baca juga: RI-Tiongkok Sepakati Peningkatan Perdagangan Sarang Burung Walet

Di lain sisi Sergey Glasyev menegaskan kedua belah pihak telah menentukan bidang kerja sama seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya. Dirinya pun memberikan informasi akan digelarnya sidang pertama dan pertemuan yang melibatkan kalangan kewirausahaan dari berbagai negara.

"Rencananya agenda yang akan diangkat adalah seputar perbaikan iklim kewirausahaan, mengembangkan proyek bersama di berbagai bidang seperti manufaktur, pertanian hingga industri," papar Sergey.

Sementara itu, bidang kerja sama MOC mencakup 18 sektor antara lain perdagangan barang, jasa, investasi, industri, pertanian, transportasi, energi, persaingan usaha dan hak kekayaan intelektual. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More