Kamis 17 Oktober 2019, 15:22 WIB

Gerindra Yakin Kabinet Jokowi Diisi Orang Terbaik

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Gerindra Yakin Kabinet Jokowi Diisi Orang Terbaik

MI/Susanto
Ahmad Riza Patria

 

PARTAI Gerindra meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki pertimbangan yang matang dalam menyusun kabinet jilid kedua. Gerindra menghormati hak prerogratif presiden dalam membentuk kabinet.

"Tentu kami dari Partai Gerindra menghormati itu sesuai dengan aturan presiden yang sudah ditetapkan oleh KPU dan MK yang putusannya sudah kami hormati sejauh ini," tutur Anggota DPR Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (17/10).

Riza melanjutkan ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah mengambil sikap inisiatif menghormati formasi putusan kabinet yang akan diumumkan oleh Presiden Jokowi. Gerindra meyakini kabinet akan diisi orang-orang terbaik dari partai politik (parpol) ataupun kalangan profesional nonparpol.

"Pak Jokowi yang paling mengerti untuk mengisi orang-orang terbaik apakah dari parpol atau profesional dari semua perwakilan laki-laki, perempuan, mewakili etnis suku, daerah, provinsi, latar belakang, agama, saya kira sudah dipertimbangkan dengan matang untuk mencapai kemajuan lima tahun mendatang," tuturnya.

Baca juga: Jokowi Pastikan Susunan Kabinet Sudah Rampung

Riza menegaskan Gerindra tidak berada dalam posisi meminta atau menawarkan kader untuk masuk ke dalam kabinet. Sesuai dengan sikap ketua umum Gerindra Prabowo Subianto, apabila diperlukan negara maka, Gerindra siap membantu pemerintahan Jokowi.

"Gerindra siap membantu, selebihnya silahkan pemerintah dalam hal ini Presiden menyikapinya, Pak Prabowo sudah menyampaikan sejak lama visi misi program untuk kepentingan bangsa dan negara," tukasnya.

Riza melanjutkan Gerindra tidak bisa mencampuri berapa jumlah komposisi ideal kursi menteri yang akan didapatkan oleh koalisi partai pendukung Jokowi-Amin. Gerindra menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada Jokowi.

"Presiden yang punya hitungan-hitungan berapa idealnya partai yang ada di kabinet dan berapa idealnya pendukung di parlemen. Saya kira presiden sudah sangat paham dan mengerti," pungkasnya.(OL-5)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More